Terkait Kesalahan Penulisan Jabatan Dalam Spanduk

Anggota DPRD Medan Abdul Rahman Sesalkan Pemberitaan Wartawan Tak Profesional

Minggu, 25 Juli 2021 | 21:17 WIB

Medan, MPOL – Anggota DPRD Medan Abdul Rahman Nasution menyesalkan pemberitaan miring terhadap dirinya hanya karena kesalahan pencetakan nama jabatan dalam spanduk ucapan selamat Idul Adha 1442 H yang disebarnya di 20 titik.

Dalam spanduk, Abdul Rahman yang sebenarnya Wakil Ketua Komisi III DPRD Medan tercetak Wakil Ketua DPRD Medan Fraksi PAN. Tapi, kesalahan pencetakan ini langsung dijadikan momentum menyudutkan dirinya dan partainya seolah-olah terjadi perseteruan di internal partai, bahkan seolah mengklaim adanya komunikasi yang tidak harmonis sesama anggota Fraksi PAN, termasuk kepada Ketua PAN Kota Medan HT Bahrumsyah yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Medan dari Fraksi PAN.

Padahal, itu semuanya bohong, fitnah,” tegasnya seraya menuding wartawan yang memberitakan itu terkesan terlalu berani membentuk opini seolah-olah sudah terjadi perseteruan di tubuh FPAN.

Persoalan tadinya kan hanya seputar kesalahan cetak nama jabatan pada spanduk, tetapi wartawan melebar pada persoalan-persoalan di tubuh FPAN yang sudah diselesaikan tentunya di internal partai.

Sikap sok tahu wartawan tersebut, apalagi dalam pemberitaanya tidak membuat siapa narasumber terkait kesalahan pencetakan nama jabatan pada spanduk itu terkesan pesanan oknum tertentu yang diduga berasal dari daerah pemilihan dirinya.
Spanduk itu diketahui salah tulis setelah terpasang pada malam Idul Adha. Begitupun, setelah kami menyadari kesalahan itu, langsung melakukan komunikasi kepada HT Bahrumsyah dan beliau memakluminya.

Tetapi herannya, diantara kami sudah tidak ada persoalan, kok ada pula media social yang melakukan pemberitaan yang pada intinya menciptakan kegaduhan baru di partai kami. Ini tidak professional, apalagi, wartawannya juga tidak mengkonfirmasi persoalan ini. Kami sebagai narasumber yang diberitakan jelas sangat dirugikan,” tegas AR Nasution yang akrab disapa Mance ini, dalam pers converence, Minggu (25/7).

Dalam pemberitaan itu, terkesan, kami ingin melengserkan sahabat kami di partai. Ini jelas tidak mungkin. Komunikasi kami di internel partai bagus kok, ya ini jelas ada pihak tertentu yang sengaja ingin memperuncing masalah. Kalau ini terjadi lagi, jelas kami akan mempermasalahkannya secara hukum,” tegas Mance lagi.

Sebagai politisi Partai Amanat Nasional, saya tentu setia dengan keputusan dan kebijakan partai, jadi, tidak ada masalah di ranah itu. Dan, kami juga sudah minta maaf kepada H Teuku Bahrum Syah selaku Ketua DPRD Kota Medan dari PAN atas kesalahan pembuat spanduk yang memang selama ini sudah cukup lama menjalin kerjasama dengan kami,” tambah Mance.

Mance juga menyampaikan harapan kepada media cetak maupun sosial yang hendak memberitakan sesuatu hal mengenai dirinya, hendaknya melakukan konfirmasi, karena itu adalah hak konstitusional saya sesuai UU Pers No 40 Tahun 1999. Jika tidak, kami siap menggugat,” tegasnya.(bp)