14 Maret, Dishub Medan Terapkan Bayar Non Tunai Retribusi Uji Kir

Senin, 8 Maret 2021 | 19:43 WIB

Medan, MPOL : Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan akan menerapkan sistem pembayaran non tunai untuk pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor/speksi (Uji KIR) di unit pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor (UPUBKB) Amplas dan Pinangbaris.

Pada kedua UPUBKB tersebut, akan dilakukan tahap uji coba pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor/speksi secara non tunai melalui aplikasi MPOS-QRIS Bank Sumut mulai tanggal 14 Maret 2021.

Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan Dishub Medan kepada masyarakat Kota Medan, khususnya untuk pengujian kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, layanan pembayaran uji berkala kendaraan bermotor akan dilakukan secara online dan berbasis aplikasi.

“Jadi, mulai tanggal 14 Maret nanti, kita sudah tidak lagi menerima pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor secara tunai, akan tetapi secara non tunai,” ujar Kepala Dishub Kota Medan, Iswar Lubis, kepada wartawan, Senin (8/3).

Dikatakan Iswar, mobile Point Of Sale (mPOS) merupakan teknologi di sebuah smartphone atau perangkat portable lainnya yang berfungsi sebagai mesin kasir untuk transaksi pembayaran yang sangat mudah.

Sedangkan QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan. Selain itu, QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

“Atas hal itu, kita sudah sosialisasikan kepada masyarakat maupun para pimpinan perusahaan angkutan penumpang dan/atau barang, agar dapat melakukan pola pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor menjadi non tunai sesuai yang berlaku di Dishub Kota Medan,” ujarnya.

Sosialisasi itu, kata Iswar, telah tertuang dalam surat Dishub Kota Medan dengan No. 974/0691/DISHUB/III/2021 tentang sosialisasi pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor melalui sistem pembayaran non tunai. Surat tersebut ditandatanginya 8 Maret 2021, dan langsung disosialisasikan kepada masyarakat dan para pimpinan perusahaan angkutan.

Tak cuma itu, terang Iswar, dalam rangka percepatan pelaksanaan transaksi non tunai untuk pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor tersebut, Dishub Kota Medan juga telah menyurati PT. Bank Sumatera Utara (Sumut) di hari yang sama dengan nomor surat 974/0692/DISHUB/III/2021.

“Kita memohon kepada Bank Sumut agar dapat melakukan percepatan pelaksanaan transaksi non tunai dan pengembangan serta perluasan channel pembayaran retribusi uji berkala kendaraan bermotor di Dishub Kota Medan. Kita berharap pelaksanaan transaksi non tunai dengan menggunakan aplikasi MPOS-QRIS Bank Sumut sudah dapat dilaksanakan pada minggu kedua bulan ini,” terangnya.

Iswar pun berharap peningkatan kualitas pelayanan yang memudahkan masyarakat ini dapat menjadi solusi pembayaran yang mudah. Selain itu, sistem pembayaran ini juga akan menghindari masyarakat dan perusahaan angkutan dari praktik-praktik curang dalam mengurus KIR/Speksi kendaraan.

“Mengurusnya saat ini sudah melalui sistem online, kita juga sudah pakai Smart KIR, bukan berbentuk buku seperti dulu lagi. Lalu sistem pembayarannya juga akan menggunakan sistem online atau non tunai, maka semua ini tentu akan memudahkan masyarakat. Inilah bentuk keseriusan Dishub Medan dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat,” pungkasnya. **