Senator Asal Sumut, Pdt Willem TP Simarmata Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir di Serdang Bedagai

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:12 WIB

Medan,MPOL:Banjir yang merendam pemukiman 6 ribu warga di Kabupaten Serdang Bedagai menarik perhatian Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Senator asal Sumut Pdt Willem TP Simarmata, MA menyerahkan sejumlah bantuan kepada Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti yang kemudian diserahkan kepada Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Sabtu (27/11/2021).

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya bersama Kapolres Serdang Bedagai, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Asset dan SDA, Dr Agus Tripriyono di bantaran Sungai Belutu atau Sungai Sei Rampah menerima sumbangan tersebut dari Ketua DPD RI didampingi Pdt Willem TP Simarmata, MA, Dedy Iskandar Batubara dan rombongan lainnya.

Pada kesempatan itu, Darma Wijaya mengatakan, masih terdapat 6 ribu Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 34 ribu jiwa di 5 kecamatan terdampak banjir, yakni Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Sipispis, dan Tebing Tinggi. Diakui Darma, banjir di Serdang Bedagai kali ini yang terparah setelah tahun 2001 silam. Mengenai penanganan korban banjir, puluhan posko dan dapur umum untuk pengungsi sudah disiapkan. Namun yang dibutuhkan masyarakat adalah solusi.

Sebagai senator asal Sumut, Pdt Willem TP Simarmata menyerahkan bantuan penanggulangan bencana tersebut kepada Bupati Sedang Bedagai. Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan Ketua DPD RI. Diharapkan, pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dengan berkoordinasi dengan instansi terkait di kementerian untuk penanganan dampak banjir tersebut.

“Terutama untuk penanggulangan dan pencegahan banjir di masa mendatang sudah sangat dibutuhkan, sehingga tidak terganggu aktivitas warga seperti saat ini, hampir satu bulan pemukiman warga terendam,” kata Ephorus emeritus HKBP Pdt Willem TP Simarmata.

Secara pribadi, Pdt Willem juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, untuk menjemput langsung aspirasi warga Sumut, khususnya warga korban banjir di Sei Rampah Serdang Bedagai. Menurutnya, dengan melihat dan mendengar langsung aspirasi masyarakat Serdang Bedagai melalui Bupati, tentu akan diperjuangkannya di pemerintah pusat.

“Karena memang kondisi seperti ini tidak bisa lagi dianggap enteng, kondisi masyarakat sangat memprihatinkan,” katanya sembari sepakat dengan pernyataan Bupati Sergai yang menyatakan bahwa warga membutuhkan solusi agar tidak terjadi banjir di kemudian hari lagi.**