Anggota DPRD Sumut dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD :

Selamatkan Generasi Muda Dari Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 24 Mei 2022 | 22:15 WIB

Medan,MPOL: Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD menghimbau seluruh elemen masyarakat, terutama kalangan generasi muda, pelajar dan mahasiswa untuk menjauhkan diri dari penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) atau yang lebih dikenal luas dimasyarakat dengan istilah Narkoba.

Pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus cita-cita bangsa harus sejak dini dibekali pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

“ Dampak penyalahgunaan Narkoba sangat fatal yakni dapat menurunkan kesadaran, yang berujung pada hilang ingatan. Hal tersebut dikarenakan Narkoba dapat mengakibatkan efek sedatif seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, tingkat kesadaran menurun, dan koordinasi tubuh terganggu,” ujar dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, saat melaksanakan acara Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Selasa (24/5/2022) di Gedung Univa Jalan SM Raja Medan.

Dokter spesialis penyakit dalam itu mengatakan, mencegah serta memberantas penyalahgunaan Narkoba, bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian semata. Namun menjadi tanggung jawab bersama mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan rumah tangga, sekolah, kampus dan stakeholder lainnya, guna menyelamatkan generasi muda dari barang haram tersebut, katanya dihadapan ratusan pelajar yang mengikuti acara Sosper.

Kegiatan Sosper berlangsung tertib dan lancar dengan mengambil tema “ Sekolah Adalah Benteng Tehadap Penyalahgunaan Narkoba” , dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, yakni memakai masker, mencuci tangan/handsanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan memberantas Covid-19 dari tengah-tengah masyarakat.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Adli Tama Hidayat Sembiring,S.AB,M.Sc serta dihadiri Lurah Kelurahan Harjo Sari I, Sahara Harahap,AP, Kepala Sekolah SMA Al Washliyah, Zuhri Arif Sihombing,MH, Wakil Rektor 2 Univa, Akmal Samosir,S.Ag,MH, Tokoh Agama Ustad Muhajirin Anshori Situmorang, M.Pd, Staf Ahli dr.Mustafa, Muhammad Ichwan, Staf Komisi E DPRD Sumut, Suhelmi, Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Kiki Hamdani, Rifky Panggabean, Syahrul, Delfy Siregar, Elvina Mailani, Siska dan sejumlah undangan lainnya.

Narasumber Adli Tama Hidayat Sembiring,S.AB,M.Sc dalam paparannya mengungkapkan, Perda No 1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya dimaksudkan sebagai dasar kebijakan daerah dalam mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat Sumatera Utara dari penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya serta memberikan layanan kepada pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, katanya.

Sementara Wakil Rektor 2 Univa, Akmal Samosir menyambut hangat kehadiran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD bersama tim yang melaksanakan sosialisasi Perda Sumut No.1 Tahun 2019 di kalangan pelajar SMA dan mahasiswa Univa Medan.

Hal senada juga disampaikan Sahara Harahap Lurah Harjo Sari 1 Kecamatan Medan Amplas, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada dr.Mustafa dari Fraksi Nasdem DPRD Sumut yang telah melaksanakan Sosper di wilayah kerjanya. Dengan harapan, apa yang telah di sosialisakan terkait bahaya penyalahgunaan Narkoba bisa dipahami dengan baik oleh para pelajar dan mahasiswa, katanya singkat.(Jal)