dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD Sosialisasi Perda No.1 Tahun 2019

Pemberantasan Narkoba Harus Melibatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Minggu, 5 Desember 2021 | 22:05 WIB

Medan,MPOL: Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD berharap kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama dan tokoh pemuda, Kepala Kelurahan/Desa, relawan dan penggiat anti Narkoba, untuk bersama-sama bersinergi sekaligus saling membantu dan bergandeng tangan dalam upaya memberantas penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) atau lebih dikenal luas di masyarakat dengan istilah Narkoba.

“Karena, dalam upaya untuk memberantas narkoba tidak hanya melalui peraturan dan perundang-undangan saja, melainkan harus melibatkan peran aktif semua pihak,” ujar dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD saat melaksanakan Acara Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Ahad (5/12/2021) di Jalan Williem Iskandar Pasar 5 Desa Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Menurut Anggota Komisi E DPRD Sumut ini, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Sumatera Utara sudah sangat memperihatinkan sebagai peringkat satu pengguna Narkoba di Indonesia. Maka tidak kata yang lebih tepat untuk hal pemberantasan Narkoba kecuali “War Of Drugs” atau perang terhadap Narkoba.

dr.Mustafa juga mencontohkan dalam Perda Sumut No.1 Tahun 2019 mewajibkan kepada pegawai di lingkungan kerjanya untuk menandatangani surat pernyataan di atas kertas bermeterai yang menyatakan tidak akan mengedarkan dan/atau menyalahgunakan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya selama menjadi pegawai. Serta ikut melaksanakan sosialisasi dan penyebaran informasi yang benar mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba, secara sendiri atau bekerja sama dengan setiap Badan Daerah, cetus anggota dewan berlatar belakang dokter spesialis penyakit dalam itu.

Kegiatan Sosper berlangsung tertib dan lancar dan dikemas secara apiks serta dimoderatori oleh Muhammad Ichwan, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan memberantas Covi-19 dari tengah-tengah masyarakat.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan Narasumber M.Fadli Habibi,SH,MH yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), serta dihadiri Ketua Umum Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Sumatera Utara, Agus Salim Samosir,S.Si.M.Or, Ketua IOSKI Deli Serdang, Syafri, Kanit Sabhara Polsek Percut Sei Tuan, Ipda Adi Susanto, Ketua Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI) Dhenny Sugara,Amd, Pembina KEMARI, Staf Ahli dr.Mustafa, Muhammad Ichwan, Staf Sekretariatan DPRD Sumut, Suhelmi, Kadus 14 Desa Kenangan Baru, Taufan dan sejumlah Sahabat dr.Mustafa lainnya diantaranya, Kiki Hamdani, Rifky Panggabean, Syahrul, Siska, Windy dan Elvina Mailani.

Sebelumnya, M.Fadli Habibi,SH,MH selaku narasumber dihadapan ratusan tenaga pendidik dari tingkat SD hingga SMA itu menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba. Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya di satu sisi merupakan bahan yang bermanfaat dalam pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila digunakan tanpa pengendalian dan pengawasan yang ketat, tandasnya.(Jal).