Kader Partai Demokrat Medan  Laporkan Prof Yusuf Leonard Henuk Ke Poldasu

Rabu, 13 Januari 2021 | 20:46 WIB

Medan, MPOL: Kader Partai Demokrat Kota Medan, Subanto, melaporkan Guru Besar USU, Prof Yusuf Leonard Henuk, ke Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) terkait cuitannya di akun Twitter @ProfYLH yang menyebut Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bodoh.

“Saya sudah laporkan akun Twitter atas nama Profesor Yusuf L Henuk, dan akun Facebook atas nama Profesor Yusuf Leonard Henuk atas unggahan dia yang menyatakan pertama SBY itu bodoh, AHY itu bodoh, terus semua kader dan militan SBY itu bodoh dan penjilat,” kata Subanto dalam pesan WhatsApp (WA) kepada medanposonline, Rabu (13/1/2021) sore sambil mengirim bukti laporannya.

Laporan Subanto ini bernomor STTLP/75/I/2021/SUMUT/SPKT ‘I’.

Subanto yang juga Pengurus Partai Demokrat Kota Medan menyebut, dia membuat laporan karena menilai cuitan Prof Yusuf Leonard Henuk telah menghina SBY dan AHY serta menyinggung perasaannya sebagai kader Partai Demokrat.

Selaku kader Partai Demokrat di kota Medan pimpinan Burhanuddin Sitepu,SH,  bersama teman temannya, Subanto mengaku merasa keberatan tentang apa yang disampaikan Prof Yusuf Leonard Henuk.

“Saya anggap itu menghina ketua umum kami dan mantan Presiden Indonesia yang ke-6,” ujarnya.

Subanto juga menilai cuitan Prof Yusuf Leonard Henuk tersebut tidak mencerminkan sebagai pendidik. Kata Subanto, seharusnya Prof Yusuf memberikan pernyataan yang meneduhkan.

Subanto dan kader Partai Demokrat berharap laporannya ditindaklanjuti Polda Sumut dan mohon perhatian anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumut untuk mengawal laporan tersebut.

Sementara itu, Humas Universitas Sumatera Utara (USU), Elvi Sumanti yang dikonfirmasi Medan Pos membenarkan jika Prof Yusuf Leonard Henuk menjabat sebagai Guru Besar di USU.

“Yaa beliau dosen pertanian, guru besar dari NTT (Nusa Tenggara Timur-red). Beliau pindahan dari sana,” kata Elvi saat dikonfirmasi melalui pesan WA, Rabu (13/1/2021).

Saat ditanya sudah berapa lama Prof Yusuf Leonard Henuk sebagai dosen USU, Elvi Sumanti menyebut kurang lebih 5-6 tahun. ***