Sosialisasi Perda Sumut No.1 Tahun 2019

Dr Mustafa : Sekolah Harus Menjadi Benteng Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 14 September 2022 | 22:44 WIB

Medan,MPOL: Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, mengemukakan peredaran dan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) atau lebih dikenal luas di masyarakat dengan sebutan Narkoba masih menduduki peringkat atas di Sumatera Utara. Maka seluruh elemen masyarakat diminta harus proaktif untuk mensosialisasikan dan menghindari bahaya penyalahgunaan Narkoba terutama di kalangan anak dan remaja.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam ini, penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat sudah sangat meresahkan dan banyak menimbulkan dampak negative. Namun seolah masyarakat tak berdaya mencegah dan memberantasnya, dikarenakan ketidakpahaman masyarakat atas perannya untuk turut serta mencegah penyalahgunaan barang haram tersebut.

Padahal melalui Perda Sumut No.1 Tahun 2019, upaya fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dapat dilaksanakan melalui, keluarga,lingkungan masyarakat,satuan pendidikan, organisasi kemasyarakatan, badan usaha, tempat usaha, hotel/penginapan, pemondokan/asrama dan tempat hiburan, lembaga Pemerinatah Daerah dan DPRD, media massa, komunitas,dan lembaga adat di daerah.

Melalui Perda ini, sekolah turut bertanggung jawab dan menjadi benteng penyalahgunaan Narkoba. Terlebih di lingkungan Yayasan Pinta Harapan yang mengelola pendidikan mulai dari jenjang TK hingga SMA sudah membentengi diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan ektra kurikuler, seperti kegiatan Pramuka, Olahraga, Dramband, hafiz quran dan lainnya, ” ujar dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD saat menggelar Kegiatan Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Rabu (14/9/2022) di Yaspend Pinta Harapan Jalan Bersama No.83A Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Dr Kariaman Sinaga,S.Sos,MAP yang juga menjabat Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa Medan, serta dihadiri Syamsul Alam Nasution,SE, Kasipem Kecamatan Medan Tembung, Rusman mewakili Lurah Bandar Selamat, Iptu M Rohim Dalimunthe,Kanit Binmas Polsek Percut Sei Tuan, Edismard, Babinkamtibmas Kelurahan Bandar Selamat, Ir. H.Marapinta Harahap, Pembina Yayasan Pinta Harapan, Amriza Harahap,ST, Ketua Yayasan Pinta Harapan, Chairul Amri, Bendahara IKA BKPRMI Medan, Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI), Muhammad Ichwan,SE, Komunitas Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Syahrul, Delfy Siregar, Elvina Mailani, Siska dan sejumlah undangan lainnya.
Hal senada juga disebut oleh narasumber Dr Kariaman Sinaga, bahwa penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya sudah masuk kejahatan luar biasa (Extraordinary crime) karena dapat merusak masa depan generasi muda. Persoalan pemberantasan peredaran Narkoba bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga sudah menjadi persoalan di seluruh negara secara global.

Dekan Fisip Universitas Darmawangsa ini, juga mengapresiasi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang konsren mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Narkoba. Sebab selama ini masih minimnya sosialisasi Narkoba dan kurang maksimalnya sistem pelaporan penyalahgunaan Napza serta kurangnya keterlibatan masyarakat dalam pencegahan dan rehabilitasi.

Untuk mengurangi korban penyalahgunaan Narkoba disarankannya perlu adanya peningkatan kualitas pembangunan ekonomi. Peningkatan kualitas program pembangunan sarana dan prasarana olahraga serta memperketat sanksi hukum bagi pengguna, pengedar dan bandar Narkoba,ujarnya.

Sementara itu Ir. H.Marapinta Harahap, Pembina Yayasan Pinta Harapan mengucapkan terimakasih kepada dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang berkenan hadir di lingkungan sekolahnya, sekaligus memberikan pencerahan akan bahaya penyalahgunaan Narkoba kepada siswa dan seluruh guru,ucapnya.

Sebelumnya Syamsul Alam Nasution,SE, Kasipem Kecamatan Medan Tembung mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang telah melaksanakan Sosper tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di wilayah kerjanya.(Jal)