dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD : Pemberantasan Narkoba Harus Melibatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Minggu, 18 September 2022 | 19:48 WIB

Medan, MPOL-Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, mengatakan, saat ini penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAFZA) atau lebih populer di masyarakat dengan sebutan Narkoba, berdasarkan rilis Badan Narkotika Nasional (BNN), Sumatera Utara masih menduduki peringkat pertama penyalahguna Narkoba di Indonesia.

“Persoalan penyalahgunaan Narkoba di Sumut sudah tidak bisa lagi dianggap sebagai masalah biasa –biasa saja, tapi sudah masuk pada persoalan kejahatan besar (ektra ordinary crime) karena sudah merupakan suatu kejahatan yang mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan manusia,” sebut dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, saat menggelar Kegiatan Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, Jumat, (16/9/2022) di Jalan Stadion Teladan No.18 Lingkungan 9 Kelurahan Teladan Barat Kecamatan Medan Kota.

Dokter spesialis penyakit dalam ini mengatakan, pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba ditengah-tengah masyarakat, tidak hanya menjadi tugas utama aparat penegak hukum (Polisi) semata, akan tetapi harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, sekolah, instansi, perusahaan dan lainnya.

Maka melalui Perda Sumut No. 1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, dijelaskan peran serta masyarakat untuk mencegah dan melaporkan serta merehabilitasi korban penyalahguna Narkoba. Sebab penyalahgunaan Napza merupakan ancaman bagi generasi muda ke depan, sehingga harus menjadi perhatian semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat, kata Ketua Alumni dokter spsialis penyakit dalam USU.

Dukung Renovasi Stadion Teladan

Selain itu dr. Mustafa juga menambahkan, karena acara Sosper hari ini berada di seputaran Stadion Teladan, yang sudah cukup terkenal, maka masyarakat sekitar harus benar-benar memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, terutama sarana olahraga untuk kesehatan dan kebugaran serta melahirkan atlit olahraga berprestasi bagi anak-anaknya.

Kita mendukung rencana pemerintah merenovasi kembali Stadion Teladan yang pernah digunakan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) III di Stadion kebanggaan Sumatera Utara itu pada tanggal 20 September sampai dengan 27 September 1953 dan kemungkinan akan terulang kembali pada PON ke XXI tahun 2024 mendatang. Sumut akan menjadi tuan rumah bersama Provinsi Aceh pada jang olahraga bergengsi itu, tambah Mustafa.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Adli Tama Hidayat Sembiring,S.AB,M.Sc serta dihadiri Suhaiba, Seklur Teladan Barat Kecamatan Medan Kota, Zulhamdani Napitupulu, Ketua Liga Mahasiswa NasDem Sumut, Rizal Hasibuan Sekretaris DPP Front Mahasiswa Pejuang Reformasi ( Fronper) Sumut, Sekretaris, Faisal Batubara, Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI), Muhammad Ichwan,SE, Komunitas Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Syahrul, Delfy Siregar, Riffky Panggabean,Elvina Mailani, Dara Handayani dan sejumlah undangan lainnya.

Sementaraitu, Adli Tama Hidayat Sembiring selaku narasumber mengatakan Perda No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya adalah salah satu hasil kinerja dari pada anggota DPRD Sumut berupa perangkat peraturan per undang-undangan dengan persetujuan bersama kepala daerah (Gubernur Sumut).

“Peraturan Daerah ini bermaksud untuk menjadi dasar kebijakan daerah dalam mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat Sumatera Utara dari penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, serta memberikan layanan kepada pecandu,penyalahguna dan korban penyalahgunaan NAPZA dalam mewujudkan masyarakat Sumatera Utara yang religius dan terhindar dari bahaya penyalahgunaan Narkotika,Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya,” jelasnya.

Hal senada, Zulhamdani Napitupulu, Ketua Liga Mahasiswa NasDem Sumut mengingatkan para orangtua agar memperhatikan dan mengawasi anaknya untuk tidak terlibat menyalahgunakan Narkoba. Anak dan remaja sekarang yang akan menjadi pemimpin masa masa depan harus cerdas dan berprestasi. “Melalui Liga Mahasiswa NasDem kami akan bantu beasiswa pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu,” katanya.

Sebelumnya, Suhaibah Seklur Kelurahan Teladan Barat mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD, yang telah melaksanakan Kegiatan Sosper No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, diwilayah kerjanya.(Jal)