dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD Gelar Sosper Narkoba dan Pelayanan Kesehatan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:08 WIB

Medan, MPOL: Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD menggelar Kegiatan Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, sekaligus buka pos pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat secara gratis, Kamis (11/8/2022) di Jalan Pelita 2 Gang Tangga Batu Kelurahan Sidorame Barat II Kecamatan Medan Perjuangan.

Kegiatan sosialisasi Narkoba berlangsung tertib dan lancar serta mendapat antusias dari ratusan warga sekitar yang didominasi kaum ibu rumah tangga.Sejumlah pertanyaan dan saran dilontarkan para ibu rumah tangga, yang mengaku sudah sangat resah dengan peredaran Narkoba yang menyasar pada anak dan remaja di wilayahnya.

Seperti halnya yang diutarakan Hj Suriani, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba saat ini terkesan dibiarkan dan wargapun seolah tidak peduli karena merasa ketakutan untuk melapor ke pihak yang berwenang. Akibatnya banyak anak dan remaja terjerumus mencoba menyalahgunakan Narkoba karena merasa sudah menjadi tren dikalangan komunitas mereka.

Sementara dampak lain yang ditimbulkan adalah maraknya kasus kriminalitas, seperti pencurian barang-barang dari pekarangan rumah warga. “Hal tersebut sebenarnya sudah berlangsung lama sehingga wargapun merasa resah dan khawatir akan masa depan anak dan generasi muda ke depan jika persoalan ini tidak segera di atasi secara tuntas,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat setempat, Abdul Rahman Siregar dan Aditya Saputra, para pengedar barang berbahaya tersebut terus mencari mangsa dari kalangan anak dan remaja agar bisnis haramnya bisa berlangsung lama. Sepertinya para pengedar atau bandar Narkoba jarang tersentuh aparat penegak hukum, malah yang sering tertangkap adalah pemakai yang membeli secara ketengan.

Untuk itu, kami berharap kepada anggota dewan dan pihak penegak hukum agar persoalan Narkoba yang merusak masa depan bangsa, lebih serius penanganannya seperti halnya memberantas corona virus disease (Covid-19) dengan melibatkan semua unsur hingga bisa diatasi. “ Kami yakin dan percaya jika satuan tugas (Satgas) Narkoba dibentuk dari pusat hingga ke daerah, maka peredaran dan penyalahgunaan Narkoba akan segera teratasi, sehingga ke depan anak dan remaja akan menjadi generasi emas yang akan memimpin negara ini,” cetusnya.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD mengatakan, penanganan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba harus dimulai dari diri sendiri, keluarga hingga ke lingkungan yang lebih besar lagi.

Maka dengan keluarnya Perda Sumut No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya diharapkan semua pihak peduli akan bahaya penyalahgunaan Narkoba. “Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat peduli dan bertanggung jawab bersama pemerintah dan pihak terkait lainnya berkolaborasi memberantas Narkoba secara bersama-sama,” ujar dokter spesialis penyakit dalam itu.

Acara Sosialisasi juga menghadirkan narasumber Adli Tama Hidayat Sembiring,S.AB,M.Sc serta dihadiri Lurah Sidorame Barat II, Mangasi Pasaribu,S.Sos, Kasie Trantib, Zul Fahman, SH, Kepling 5 Sidorame Barat II, Maksum Siregar, Ketua BKM Masjid Jami Ubudiyah,Abdul Rahman Siregar, Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI), Muhammad Ichwan, komunitas Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Syahrul, Delfy Siregar, Elvina Mailani dan sejumlah undangan lainnya.

Pelayanan Kesehatan

Ditempat yang sama, seusai melaksanakan sosper tentang Narkoba, Aggota DPRD Sumut dr. Mustafa bersama Prananda Surya Paloh Foundation (PSP) melanjutkan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat berupa pemeriksaan cek tekanan darah, kolestrol, Gula darah (diabetes) yang ditangani langsung oleh dr.Mustafa dibantu oleh dr.Ainun Basyiroh,Sp.PD dan dr. Tengku Reza Maulana.

Pelayanan kesehatan dan pemberian obat secara gratis tersebut berlangsung hingga menjelang sore, melayani puluhan pasien yang ditangani secara baik dan penuh kesabaran oleh dr Mustafa dan dokter lainnya.

Sebelumnya Lurah Sidorame Barat II, Mangasi Pasaribu,S.Sos mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam Sp.PD yang telah menggelar Kegiatan Sosialisai Peraturan (Sosper) Daerah Sumatera Utara No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya dan pelayanan kesehatan gratis di wilayah kerjanya.(Jal)