Bupati Samosir Vandiko Gultom Diingatkan Jangan Lupa Janjinya untuk “Mangoli”

Senin, 3 Mei 2021 | 17:45 WIB

 

Medan,MPOL: Vandiko Gultom, Bupati Kabupaten Samosir diharapkan untuk segera menikah. Hal itu sesuai janjinya sebelum mengikuti Pilkada Samosir pada Tahun 2020 lalu.

“Vandiko telah terbukti mencapai cita-citanya menjadi Bupati Samosir, namun janji “mangoli”/ menikah, harus disegerakan, guna menunjang tugasnya sebagai Bupati dan juga untuk menyenangkan keinginan orang tua”, kata Gandi Parapat, di Medan,Senin (3/5/2021).

Janji untuk “mangoli” setelah menjadi bupati itu sendiri, dikemukakan Vandiko Gultom kepada Gandi Parapat, Bistok Halomoan Sibuea dan Johannes Sitompul saat ketiganya bertemu dengan Vandiko Gultom di kediaman Vandiko, di Sitamiang Onanrunggu Samosir sebelum kampanye Pilkada Samosir.

Saat itu, Gandi, Bistok dan Johannes menemui Vandiko karena mengetahui rencana Vandiko untuk menjadi calon Bupati Samosir. Mereka pun saling berdiskusi tentang Pilkada, hingga mempertanyakan mengapa Vandiko Gultom belum menikah. Saat itu Vandiko dengan ketulusan hati dan jujur mengaku akan menikah setelah menjadi Bupati Samosir.

Saat itu pun mereka berdoa, dipimpin Bistok Halomoan Sibuea agar cita-cita Vandiko sebagai bupati tercapai hingga boleh melanjutkan ke jenjang pernikahan.

“Kini doa Vandiko sudah didengar Tuhan dan sudah jadi bupati. Bagi orang Batak, kesuksesan suatu keluarga atau orang tua , setelah selesai mengawinkan semua anaknya, barulah orangtua sangat bangga, apalagi menimang cucu dari semua anaknya”, kata Gandi.

“Untuk itu kami harap dan ingatkan agar Bupati Samosir, Vandiko Gultom jangan lalai untuk “Mangoli”, kata
Gandi.

Sebelumnya, sebut Gandi, keraguan masyarakat Samosir memilih Vandiko Gultom sangat wajar, tapi setelah Vandiko menjelaskan cita citanya ke publik tidak akan “mangoli” sebelum tercapai cita cita menjadi Bupati Samosir, akhirnya dimaklumi masyarakat. Karena apabila telah “mangoli”/nikah dulu, bisa tidak disetuju istri.

“Dengan status Vandiko yang masih belum menikah saat tahapan Pilkada, dan masih mudah, itulah salah satu yang membuat terlena lawan politik, seolah Vandiko tidak punya arti. Namun dengan kesungguhan dan prinsip Vandiko yang tidak tergoyang, membuat lawan politiknya seperti mimpi, tidak percaya bahwa masyarakat Samosir menggantungkan harapanya kepada Vandiko. Hal itu terbukti dalam Pilkada 2020 itu, hampir di semua TPS dimenangkan Vandiko dan pasangannya Martua Sitanggang.

“Jadi sekali lagi, kami berharap dan mengingatkan Vandiko agar jangan lalai untuk “mangoli”, karena itu bagian dari janjinya kepada masyarakat, juga kepada kami ketika kami berkunjung ke kediamannya sebelum masa kampanye. Kami menyakini masyarakat Samosir akan semakin percaya kepada Vandiko apabila segera “mangoli”, bila perlu boru ni tulangnya sian Samosir, dan kedua orang tuanya pasti bahagia apabila Vandiko cepat melaksanakan pernikahan”, sebut Gandi Parapat.

Ober Gultom, orang tua Vandiko sendiri tambah Gandi, tidak pernah merasa lelah dan bosan memberi semangat kepada semua orang, terutama kepada Vandiko. Ober Gultom pensiunan PNS itu selalu ingat lagu “Anakkon Hi Do Hamoraon Di au”.

” Selamat untuk Vandiko, semoga cepat dapat jodoh dan sukses memimpin Kabupaten Samosir”, kata Koordinator Wilayah Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia Sumatera Utara itu, yang diamini Bistok Sibuae dan Johannes Sitompul.**