Anggota MPR RI Jhoni Allen Marbun:

Bagi Masyarakat Batak Empat Pilar MPR RI Harga Mati

Rabu, 16 Desember 2020 | 15:14 WIB

 

Dalam perjalanan meraih kemerdekaan Indonesia, peran masyarakat Batak tidak bisa dipungkiri dalam upaya membangun kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kehadiran organisasi pemuda Batak bersama 8 organisasi pemuda lainnya dalam Kongres Pemuda I Tahun 1926 dan Kongres Pemuda II Tanggal 27-28 Oktober 1928 yang melahirkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda, adalah bukti nyata bahwa masyarakat Batak memiliki kebulatan tekad bersama pemuda dari berbagai suku yang ada di nusantara untuk menyatukan tekad memperjuangkan kemerdekaan negara dan Bangsa Indonesia.

Bagi masyarakat Batak, bahwa Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika sudah final, hal itu terungkap dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilaksanakan Anggota MPR RI Jhoni Allen Marbun di Lumban Tonga-Tonga Desa Sampur Toba, Negeri Sihotang Kabupaten Samosir Pada Minggu 8 November 2020 lalu.

Masyarakat Batak dimanapun berada di Negara Kesatuan Republik ini , sebut Jhoni Allen selalu berusaha memegang teguh keempat pilar ini baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan peran sebagai warga negara .”Karena keempat pilar ini selaras dengan adat budaya masyarakat Batak”, kata Jhoni Allen Marbun dalam pemaparannya.

“Anak Guru dari Desa” ini juga menegaskan supaya masyarakat dapat menyaring setiap informasi yang berkembang utamanya yang ada di media sosial. Tidak semua informasi itu memiliki kebenaran, kita perlu menelaahnya dengan baik supaya tidak terjebak dengan berita hoaks.

“Peran kita semua, baik masyarakat yang tinggal di pedesaan maupun yang di perkotaan agar dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini”,katanya.

Dikatakan, berbagai ancaman yang ingin merongrong negara kita ini tidak selalu datang lagi dari luar, tetapi bisa juga datang dari dalam diri kita sendiri apabila kita tidak bisa menahan diri.

“Namun, apapun bentuk gangguan yang mencoba mengusik Negara kita ini, apabila kita senantiasa memegang teguh keempat pilar MPR RI ini dengan pertolongan Tuhan, bangsa dan negara kita ini pasti akan selamat karena dengan keempat pilar ini kita telah berhasil melalui pasang surut ujian yang dihadapi bangsa ini”, kata anggota MPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Utara 2 ini.

Dalam acara ini dibagikan buku materi sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan pemaparan oleh narasumber yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 dan Ketetapan MPR RI sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Samosir Baringin Sihotang, Kepala Desa Sampur Toba, Bole Pangondian Sihotang, Kepala Desa Hariara Pohan, Piatur Sihotang, Tokoh Masyarakat Negeri Sihotang, Juber Sihotang dan ratusan masyarakat negeri Sihotang.***