Anggota MPR-RI Jhoni Allen Marbun Sosialisasi 4 Pilar di SMPN-2 Pangururan

Jumat, 6 Mei 2022 | 15:04 WIB

 

Pangururan,MPOL: Anggota MPR RI, drh Jhoni Allen Marbun, MM menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI Kepada Siswa SMP Negeri 2 Pangururan, Kabupaten Samosir pada 24 April 2022 lalu.

Selain siswa, hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar tersebut, para guru SMPN-2, Komite Sekolah dan orangtua yang jumlahnya sekitar 150 orang.

Empat Pilar yang disosialisasikan Anggota MPR-RI tersebut yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan-Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sosialisasi itu, Jhoni Allen menceritakan bagaimana alotnya para pendiri Bangsa Indonesia berdiskusi dan berkompromi untuk merancang Dasar dan Ideologi Negara, Konstitusi Negara, Bentuk Negara dan Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dapat diterima oleh seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Salah satu contohnya adalah bagaimana para pendiri Bangsa dan Negara akhirnya menghapus Piagam Jakarta dari Pembukaan UUD 1945 setelah mendengar masukan dari masyarakat Indonesia Timur yang tidak semuanya beragama Islam.

Jhoni menjelaskan tujuan sosialisasi Empat Pilar ini, supaya seluruh anak bangsa mengetahui jika Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 Konstitusi, NKRI Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara sehingga agar diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kehadiran Empat Pilar inilah yang menguatkan bangsa kita saat ini, nilai-nilai Pancasila yang kita amalkan ini hanya ada di Indonesia. Kita dari berbagai latar belakang suku, ras dan agama bisa hidup rukun dan tentram karena Pancasila dan Semboyan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Jhonni Allen Marbun.

Karenanya Jhonni Allen berharap, masyarakat dan para siswa SMPN-2 Pangururan dapat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Empat Pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan termasuk generasi muda.

Sebagai Anggota MPR-RI kata Allen, dirinya harus turun langsung ke masyarakat untuk mengingatkan kembali prinsip bernegara dan membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

“Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Bangsa kita solid dan terbebas dari penjajah jika masyarakatnya menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan ini di kehidupan sehari-hari,” sebut Jhoni Allen.

Jhoni Allen saat melakukan sosialisasi Empat Pilar itu juga memotivasi para siswa SMPN-2 Pangururan, dimana Jhoni Allen yang alumni SMPN-2 Pangururan itu menceritakan setelah lulus dari SMP melanjut ke SMAN-4 Medan selanjutnya kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) hingga menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota DPR/MPR-RI.

“Jadi tak ada yang mustahil bagi Tuhan. Jika kita bersungguh-sungguh menimbah ilmu serta bekerja keras dan berdoa, maka cita-cita kita mudah-mudahan akan tercapai”, ujar anak guru dari desa tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN-2 Pangururan, Enni JP Naibaho,S.Pd, M.Si dalam sambutannya berterimakasih kepada Anggota MPR-RI Jhonni Allen Marbun yang datang mensosialisasikan 4 Pilar di SMPN-2 Pangururan karena baru pertama kali dilakukan sosislisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 2- Pangururan.

“Sebagai alumni SMPN-2 Pangururan, kami berterimakasih dan bangga atas kehadiran bapak Jhoni Allen, semoga siswa kami dapat memahami Empat Pilar yang disampaikan bapak Anggota MPR-RI”, kata Enni JP Naibaho.

Enni juga berterimakasih karena Gedung SMPN-2 Pangururan sudah selesai direnovasi dari bantuan Kementerian PUPR serta dukungan Anggota DPR/MPR RI Jhoni Allen Marbun.

Turut menyampaikan sambutan, mewakili guru, komite dan orangtua dan tanya jawab antara siswa SMPN-2 Pangururan dengan Jhonni Allen Marbun.

Diakhir acara, Jhoni Allen Marbun memberikan sertifikat kepada para siswa dan guru serta orang tua yang hadir mengikuti Sosialisasi 4 Pilar.**