Jumat, 18 Oktober 2024

Bawaslu Taput Ingatkan Stop Money Politik Mencegah Tindak Pidana Pada Pilkada Serentak 2024

Darwin Manalu - Selasa, 08 Oktober 2024 13:59 WIB
Bawaslu Taput Ingatkan Stop Money Politik Mencegah Tindak Pidana Pada Pilkada Serentak 2024
Ist
Romi Sitompul, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Taput.
Taput, MPOL -Bawaslu Taput berharap peran aktif masyarakat sebagai pengawas pemilihan partisipatif merupakan modal utama untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tapanuli Utara.

Baca Juga:
Hal itu juga dinilai dapat banyak membantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tapanuli Utara dalam hal ini sebagai penerima mandat pengawasan.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Tapanuli Utara, Romi Sitompul menyebut pihaknya akan kurang optimal dalam hal pengawasan tahapan pilkada Tapanuli Utara 2024 yang diikuti 2 Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati, dengan adanya bantuan atau partisipasi masyarakat maka pengawasan akan sangat maksimal.

" Ya, karena itu bisa semua bayangkan jika kita hanya memiliki 3 orang Komisioner di Bawaslu Kabupaten, dan pada tingkat Kecamatan hanya ada 3 pimpinan, bahkan dalam tingkat Desa/Kelurahan hanya 1 orang saja," ujarnya, Selasa (8/10).

Disamping Bawaslu Taput sudah melakukan pengawasan secara melekat, kami baru-baru ini gencar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula, Ormas dan OKP, pemuda mesjid, pemuda gereja, mahasiswa dan masyarakat.

Bawaslu juga sudah mensosialisasikan pengawasan partisipatif melalui media sosial, dan memasang spanduk-spanduk terkait pengawasan Partisipatif di tampat strategis, tetapi kami belum merasa maksimal melakukan sosialisasi kepada Masyarakat Tapanuli Utara.

Dan berharap masyarakat yang sudah ikut dalam sosialisai tersebut agar lebih aktif ikut serta melakukan pengawasan partisipatif, karena mereka lah yang menjadi perpanjangan tangan kami dalam melakukan pengawasan tahapan pemilihan tahun 2024 di Kabupaten Tapanuli Utara.

Romi Sitompul juga menegaskan jika sosialisasi yang sudah dan sering Bawaslu selenggarakan ini melalui Perbawaslu nomor 10 tahun 2016 tentang Pengawasan Pilkada.

" Seperti saya jelaskan sebelumnya, bahwa Bawaslu yang secara ekslusif diberikan mandat oleh regulasi akan berat melakukannya, apabila tanpa bantuan Pengawasan Partisipatif dari seluruh lapisan Masyarakat yang salah satunya adalah Pemilih Pemula," sebutnya.

Masyarakat harus terlibat aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif untuk mendorong terwujudnya pemilihan serentak Tahun 2024 di Tapanuli Utara menjadi Pemilihan yang jujur, adil, transparan dan berintegritas.

Dan kami juga harus memastikan hak konstitusi masyarakat Tapanuli Utara sudah terlindungi tegas Romi Sitompul.

Stop money politik, harapan kami jangan ada lagi money politik agar tidak terlibat Tindak Pidana Pemilihan. Seperti kita ketahui bersama Pemberi dan Penerima bisa terjerat hukuman pidana sesuai UU No 10 Tahun 2016 Pasal 187 A.

"Jika Sahabat Bawaslu menemukan pelanggaran money politik, segera laporkan ke Bawaslu Tapanuli Utara atau Panwaslu Kecamatan di wilayah sahabat, Untuk identitas pelapor dikecualikan dan dilindungi hukum, jangan takut untuk segera melapor. Bawaslu Tapanuli Utara akan memproses sesuai ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku" katanya.

Kami mengajak Masyarakat Tapanuli Utara untuk mengikuti laman media sosial Bawaslu RI, Bawaslu Sumut dan Bawaslu Tapanuli Utara, karena disana kita dapat berbagi informasi terkait proses Pemilihan Serentak Tahun 2024, dan dapat mengunduh Peraturan Bawaslu terkait Pemilihan di Jaringan Data dan Informasi Hukum (JDIH) Bawaslu RI," ungkapnya.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Hari Ketiga Operasi Zebra Toba. Polda Sumut Perkuat Edukasi dan Pencegahan Wujudkan Keselamatan Berlalulintas
Sosialisasi Bahaya Narkoba Terus Digalakkan di Lokasi TMMD ke-122 Kodim 0207 Simalungun
Pemerintah Nagori Totap Majawa Bersama Pemkab Simalungun Adakan Sosialisasi Rembuk Stunting Sekaligus Penggunaan aplikasi eHDW
Simalungun Gelar Rembuk Stunting Untuk Pencegahan, Pengendalian, dan Penurunan
Bawaslu Sumut Sosialisasi Pencegahan Sengketa Pilkada Serentak 2024
Pemko Sambut Baik Medan Jadi Lokasi Kick Off Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Sumut
komentar
beritaTerbaru