Sabtu, 06 Juli 2024

Junimart Girsang akan Hadirkan Nawacita di Kabupaten Dairi

Redaksi - Rabu, 03 Juli 2024 09:40 WIB
Junimart Girsang akan Hadirkan Nawacita di Kabupaten Dairi
Ist
Junimart Girsang
Medan, MPOL -Politisi PDIP Junimart Girsang yang kini mempersiapkan diri menjadi Calon Bupati Dairi periode 2024-2029 menegaskan akan menjalankan program Nawacita jika dipercaya memimpin dengan semangat melayani di Kabupaten Dairi.

Baca Juga:
"Nawacita itu adalah konsep pembangunan yang disusun DPP PDIP. Intinya adalah menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat untuk menciptakan rasa aman, nyaman berkeadilan,
berpola membangun DAIRI dari dusun, desa bertahap hingga ke kota," tegasnya menjawab wartawan, Selasa (2/7).

Selama kurang lebih 10 tahun ini dirinya melakoni diri sebagai anggota DPR RI selalu mempedomani filosofi Nawacita dalam menjalankan tugas kelegislatoran.

Tentu saja katanya, dengan mendorong seluruh stakeholder pemerintahan untuk melanjutkan semangat perjuangan dan cita-cita Soekarno yang dikenal dengan istilah Trisakti, yakni berdaulat secara politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Namun kali ini dengan peran sebagai kepala daerah, ia ingin menghadirkan seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Dairi tidak absen di tengah-tengah rakyat sebagai pelayan.

Tentu saja dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

"Hal pertama yang saya lakukan adalah membangun tata kelola pemerintahan agar keberadaan dan kehadiran aparatur Pemkab Dairi, mulai dari bupati, wakil bupati, kepala dinas, camat, lurah dan kepala desa maupun kepala lingkungan adalah sosok yang dipercaya dan disenangi oleh rakyat," urainya.

Kebutuhan dasar masyarakat yakni sandang, pangan, perumahan, kesehatan serta pendidikan adalah prioritas yang akan dihadirkan oleh pemerintahannya.

"Jaminan kesehatan, pendidikan, perumahan, sandang dan pangan harus dialokasikan di APBD. Mereka masyarakat yang tidak mampu harus dijamin mendapatkan haknya di sektor tersebut melalui subsidi dan bantuan sosial," tegasnya.

Selain itu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar lokal maupun internasional sehingga Kabupaten Dairi maju dan bangkit khususnya dibidang pertaniannya.

Konsep Nawacita juga dilakukan dengan menanamkan nilai patriotisme dan cinta akan Kabupaten Dairi.

"Membangun Dairi akan lebih optimal jika tertanam nilai patriotisme dan cinta akan daerah pada diri seluruh elemen. Maka muncullah semangat kebersamaan, kegotongroyongan dan rasa memiliki," ucapnya.

Ruang-ruang dialog terus dibangun untuk membangun jembatan silaturahmi dengan semua elemen kemasyarakatan.

Gagasannya untuk membuka ruang kepada seluruh partai politik ikut dalam pemerintahan melalui pemberian slot Kepala Dinas (OPD) merupakan perwujudnyataan konsep Nawacita itu sendiri. Tidak boleh ada sekat komunikasi dengan masyarakat sepanjang itu untuk buah pikiran membangun DAIRI.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Tidak Ingin Melihat Petani Biarkan Hasil Panen Membusuk, Junimart akan Gandeng Kementan Dampingi Petani di Dairi
Sahuti Permintaan Masyarakat, Junimart Girsang Maju di Pilkada Dairi
komentar
beritaTerbaru