Wilayah Perbukitan Desa Parbalokan Simanindo Samosir Terbakar

Rabu, 4 Maret 2020 | 16:25 WIB

Samosir – Komando Rayon Militer (Koramil) 01 bersama dengan Polisi Sektor Simanindo dibantu oleh Perangkat Desa Parbalokan berhasil memadamkan kobaran api yang terjadi di wilayah perbukitan Desa Parbalokan Simanindo, Kabuapten Samosir, Senin (2/3/2020).

Danramil 01/Simanindo Pelda M. Sidabutar kepada Medanposonline.com, Rabu (4/3/2020) di kantor Koramil Ambarita menuturkan ada laporan dari anggotanya terjadi kebakaran lahan pukul 15.30 Wib di perbukitan ilalang di Dusun II Desa Parbalokan Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Informasi yang kita terima dari anggota Kamtibmas yang melakukan kegiatan monitoring setiap harinya ke Desa Parbalokan segera ditindak lanjuti dan personil langsung terjun kelapangan.

Anggota Koramil 01/Simanindo bersama anggota Polsek Simanindo di lokasi dalam kegiatan memadamkan kobaran api. (ist)

Luas lahan yang terbakar diperbukitan ditaksir sekitar satu hektar, untuk mengantisipasi supaya api tidak menjalar anggota Danramil dibantu anggota Polsek Simanindo dengan alat manual berhasil memadamkan api.

Sesuai instruksi yang kita terima dari Dandim Taput, setiap Koramil yang berada di wilayah jajarannya di Kabupaten Samosir agar cepat tanggap bila terjadi kebakaran hutan maupun persoalan yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Untuk Danramil meminta kepada warga Samosir yang tinggal di daerah perbukitan supaya tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar karena bisa mengakibatkan fatal bagi kelangsungan hidup bagi binatang yang bermukim di sekitarnya.

Anggota Danramil yang terjun ke lapangan Serma Sugianto, Serda Imansyah, Serda Suaib Sitorus dan Serda M.I Tanjung.

Anggota Danramil Serma Sugianto yang ikut ke lokasi menuturkan, dirinya terpaksa menaiki tebing yang terjal memadamkan api supaya tidak meluas ke daerah yang mendekati perkampungan. Ia juga menunjukkan tangannya penuh dengan luka bekas goresan kayu. (T.S.04)