Vicky Wijaya Pelaku Rampok Incar Korban Via Facebook Ternyata Sudah 3 Kali Beraksi, Ini Katanya…

Jumat, 14 Februari 2020 | 11:59 WIB

Belawan (medanposonline.com) – Vicky Wijaya (20) warga Jalan Gereja Zaitun Gang Setia Dusun IV Desa Tanjung Kusta Kecamatan Medan Sunggal, pelaku rampok yang mengincar korbannya melalui media sosial Facebook (Fb), ternyata sudah 3 kali menjalankan aksi kriminalnya dengan modus tersebut.

Hal itu diungkapkan pada press relis yang digelar Polres Belawan, Jum’ at (14/2/2020) pagi.

Kapolres Belawan AKBP DR. Mhd. R. Dayan SH, MH. didampingi Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azharuddin, Kasat Reskirm AKP Jerico, Kanit Reskrim Hamparan Perak Iptu Bonar Pohan dalam keterangannya di hadapan awak media mengatakan pelaku (Vicky Wijaya) menjalankan aksinya bersama 2 orang rekannya, salah satu diantaranya masih di bawah umur (pelajar SMU) berinisial R dan 1 diantaranya bernama Citra Zamasi yang berhasil melarikan diri dan telah ditetapkan sebagai DPO.

“Pelaku bernama lengkap Vicky Wijaya Sipayung, modus mereka ini berkenalan dengan korban menggunakan media sosial aplikasi Facebook, lalu janji untuk ketemuan setelah ketemu baru mereka sikat itu korbannya, pelaku Vicky bekerja sebagai koperasi dan  pelaku sudah 3 kali mejalankan aksinya, korbannya semua wanita dalam aksinya pelaku tetap dengan mengunakan media sosial dalam mengincar korbannya,” tutur mantan Kapolres Humbahas tersebut.

Disebutkan, pelaku saat digiring untuk melakukan pengembangan oleh petugas coba melawan dengan berupaya melarlikan diri, petugas sudah memberikan tembakan peringatan namun tak diindahkan pelaku hingga akhirnya diberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kakinya sebelah kanan.

Tepisah, tersangka Vicky Wijaya dengan model rambut bergaya pirang tersebut saat ditanyai wartawan mengatakan, dirinya sebelumnya sudah sempat ketemuan dengan korban satu kali.

“Lalu beberapa hari kemudian dia aku ajak kembali ketemuan karena aku tak punya uang lalu aku nekat merampas sepeda motor dan Hp-ya,” ucapnya.

“Kalau HP dia (milik korban), sempat aku jual seharga 250 ribu tapi sepeda motornya belum sempat aku jual,” kata pelaku yang juga mengaku sebagai mahasiswa di salah satu kampus swasta di Kota Medan tersebut.

Sebelumnya, pelaku Vicky Wijaya diringkus Polsek Hamparan Perak pada 11 Februari 2020 sekira pukul 01.30 Wib atas laporan korbannya berinisial  ECA (21) seorang mahasiswi di salah satu kampus swasta di kota medan, dengan pasal sangkaan 365 KUHPidana.

Peristiwa terjadi di Pasar II Desa Klambir V Kebun Kecamatan Hamparan Perak, pada 10 Februari 2020. Barang bukti milik korban yang berhasil diamankan berupa, 1 unit sepeda motor milik korban Beat BK 3904 AHK, 1 unit sepeda motor Vega ZR BK 5553 CG milik pelaku, 1 HP Merek Oppo 3s milik korban, 1 HP merek Iphone 5 milik pelaku dan 1 helai baju putih yang digunakan para pelaku membekap mulut korban. (Top)