Untung Tersangka Bandit Sabu Tewas Ditembak, Barang Bukti 1 Kg Sabu

Jumat, 21 Februari 2020 | 18:32 WIB

Belawan – Akhirnya tersangka bandit sabu, Untung Wahyudin alias Untung (40) warga Jalan Marelan XII Lingkungan 5 Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan, tewas merengang nyawa saat dalam perjalanan menuju RS Bhayangkara Medan, Sumatera Utara.

Untung yang merupakan tersangka narkoba jenis sabu itu menendang petugas dalam upayanya melarikan diri, walau petugas Satnarkoba Polres Pelabuhan Belawan dibawah pimpinan Kasat Narkoba AKP Juliadi telah melepaskan 2 kali tembakan ke udara. Hingga akhirnya pistol milik petugas itu diarahkan kepada tersangka. Diduga kehabisan darah, tersangka akhirnya tewas di dalam perjalan menuju RS Bhayangkara Medan.

“Barang bukti narkobanya ada 1kg sabu yang dibungkus plastik teh warna hijau bertuliskan Guanyinwang. Berdasarkan keterangan tersangka sebelumnya menyebutkan sabu itu diperolehnya dari Junaidi alias Botak (DPO) dan tersangka juga mengakui sudah dua bulan lamanya mereka bekerja sama dalam bisnis narkoba tersebut,” ungkap Kapoldasu Irjen Pol Drs Martuani Sormin saat memimpin keterangan pers di Polres Pelabuhan Belawan dengan didampinggi Waka Poldasu Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK, M.Hum dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr. Mhd. R. Dayan SH, MH, Jum’at (21/2/2020) pukul 11.00 Wib.

Kapolda menambahkan, tersangka diduga merupakan terlibat sindikat narkoba jaringan Provinsi Aceh-Sumut, sedang barang bukti yang berhasil diamankan berupa 2 plastik klip kosong berukuran besar, 1 plastik kemasan dengan merk GUANYINWANG berisikan sabu dengan berat kotor 1 Kilogram, 2 unit Hp merk Evercoss dan Nokia serta uang Sebesar Rp. 900.000.

“Modus tersangka memasukkan narkotika jenis sabu seberat lebih kurang 1 Kg yang dilakban hitam ke dalam bagasi sepeda motor guna mengelabui petugas,” pungkas Irjen Pol. Drs Martuani Sormin.

Turut hadir dalam paparan tersebut Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Zonni Aroma, Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol Mustafa, Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan AKP Juliadi, KBO Narkoba Iptu Silalahi,  Kanit Resum Polres Pelabuhan Belawan Ipda Erikson Siahaan.

Sebelumnya, keberhasilan jajaran Satnarkoba Polres Pelabuhan Belawan meringkus tersangka atas adanya info dari masyarakat, pada Kamis (20/2/2020) sekira pukul 17.00 Wib yang menyebutkan adanya pengedar narkotika jaringan Provinsi Aceh-Sumut yang akan melakukan transaksi narkoba.

Kemudian dilakukan pembuntutan dan pemantauan terhadap TO yang mana sebelumnya ciri-ciri dan identitas tersangka telah diketahui. Lalu dilakukan pemantauan di lokasi di  Jalan Marelan 5 Pasar 2 Barat Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan AKP Juliadi  SH MH.

Disebutkan, Untung ditangkap disusul penangkapan rekannya MMA (16) yang pelajar, dengan sejumlah barang bukti. Selanjutnya, pada hari Jum’ at (21/2/2020) dini hari sekira pukul 02.00 Wib ketika dilakukan pengembangan dengan cara membawa tersangka Untung Wahyudin untuk menunjukan keberadaan Junaidi alias Botak, sewaktu keluar dari pintu mobil tersangka langsung melakukan perlawanan dan menendang petugas dan berupaya melarikan diri. Petugas lalu memberikan tembakan peringatan keudara 2 kali dan tidak dihiraukan sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur.

Tersangka kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk dilakukan pertolongan medis, namun saat di perjalanan menuju rumah sakit tersebut tersangka akhirya tewas. (Top)