Truk CPO Tabrakan Beruntun di Sibolangit

Kamis, 13 Februari 2020 | 18:32 WIB

Sibolangit (medanposonline.com) – Tabrakan beruntun antara truk tangki CPO BK 8924 SF dengan mobil pick up BK 7863 IT, truk cold diesel BK 8484 SC, truk tronton BK 8430 CM, dan mobil pick up BK 9246 EI, di Jalan Jamin Ginting KM 41-42 Desa Batu Layang, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Kamis (13/2) sekira pukul 04.00 WIB. Penyebab kecelakaan tersebut diduga karena rem truk tangki Capai BK 8924 SD blong.

Dalam peristiwa itu, tidak ada korban tewas hanya luka ringan. Sedangkan seluruh kendaraan yang tabrakan mengalami kerusakan.

Data yang diterima dari lapangan, saat itu truk tangki BK 8924 SF bermuatan Minyak CPO yang dikemudikan Togar Sahat Pardede (55) warga Huta Batu Tiga, Kec. Panombean, Kab. Simalungun datang dari arah Berastagi-T.Karo menuju arah Medan. Setibanya di TKP persisnya memasuki tikungan,  pengemudi truk CPO ini terkejut karena mendadak rem mobilnya blong, dan kemudinya tidak dapat dikendalikan.

Secara bersamaan, truk CPO ini pun menabrak mob pick up Bk 7963 IT yang di depannya, lalu pick up tersebut oleng ke kanan dan berbenturan dengan truk Coldiesel Bk 8484 SC yang dikemudikan Jhonson Sembiring (42) warga Jalan Parang Ras GG Sangapta Ras Kel. Kuala Bekala, Kec. Medan Johor. Lalu,  truk tangki CPO melaju dan menabrak truk troton yang dikemudikan M Amin (40) warga Jalan Bawang Putih Bandar Sakti Bajenis, Tebing Tinggi di depannya.

Akibat benturan itu oleng ke kanan dan berbenturan dengan mobil pick up L-300 BK 9246 EI dikemudikan Alexander AB Sembiring (39) warga  Jalan Pintu Air IV No 353, Medan Johor. Seluruh kendaraan yang tabrakan itu  mengalami ringsek di badan jalan dan mengakibatkan kemacetan total, sedangkan mobil truk tangki CPO tersebut berhenti dan terperosok di halaman rumah masyarakat.

Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian, berdatangan ke lokasi berusaha memberi bantuan, sekaligus melaporkannya ke Poslantas Polsek Pancur Batu. Tak lama kemudian, petugas Poslantas Polsek Pancur Batu turun ke lapangan melakukan penanganan dan olah TKP.

Selanjutnya, mengevakuasi para korban yang mengalami luka-luka ke pengobatan tradisionil. Arus lalu lintas pun kembali lancar, setelah kendaraan yang menutupi badan jalan devakuasi petugas ke pinggir jalan.

Kapolsek Pancur Batu AKP Dedy Dharma, SH melalui Kanit Lantas Iptu Pol Sehat Sinulingga ketika dikonfirmasi mengatakan, tabrakan beruntun itu terjadi karena rem truk CPO BK 8924 SF mengalami blong.

“Tidak ada korban tewas dalam peristiwa kecelakaan itu, dan hanya luka ringan saja. Untuk proses lanjut, seluruh kendaraan yang tabrakan tersebut, diamankan ke mako,” ujar Iptu Sehat.(TG)