Tiga Ruko di Siantar Terbakar, Seorang Wanita Tewas Terjebak di Kamar Mandi

Rabu, 25 Maret 2020 | 20:56 WIB

Pematangsiantar – Tiga unit Rumah Toko (Ruko) di Jalan Surabaya Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara terbakar, Rabu (24/03/2020) dini hari sekira pukul, 00.15 WIB.

Kebakaran itu mengambil korban jiwa yakni seorang wanita bernama Kho Siang Lang (60) yang merupakan salah satu pemilik Ruko No.26 B penjual alat-alat sembahyang agama Budha. Ia tewas di kamar mandi lantai III ruko tersebut, diduga terjebak dalam kobaran api saat berusaha menyelamatkan diri.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, tengah malam warga sekitar Jalan Surabaya sontak kaget melihat kepulan asap di Ruko milik Kho Siang Lang. Warga pun berteriak-teriak, kebaran, kebaran sehingga penghuni rumah pun berhamburan keluar berusaha meloloskan diri dari amukan si jago merah.

Api pun dengan cepat menyambar rumah yang ada di sebelah kanan dan kiri yang diketahui praktek dokter umum milik Alber M Jacobson dan Yong Long.
Antoni Candra Wijaya beserta ibunya Kho Siang Lang sempat menyelamatkan diri dan berhasil keluar dari rumahnya yang ketika itu api sudah berkobar. Namun, korban Kho Siang Lang masuk kembali ke dalam rumahnya untuk mengambil sesuatu hingga sampai ke lantai III.

Diduga, di lantai III Ruko tersebut api pun sudah berkobar sehingga Kho Siang Lang pun bergegas dan berusaha turun dari lantai III untuk menyelamatkan diri dan masuk ke dalam kamar mandi.

Akhirnya korban pun ditemukan sudah meninggal dunia dalam kondisi telungkup dengan  tubuh melepuh di dalam kamar mandi lantai I gedung  ruko tersebut.

Tak lama kemudian, mobil pemadam kebakaran dari PT STTC dan Pemko Pematangsiantar pun tiba ke lokasi dan petugas dari Polsek Siantar Barat dan Polres Pematangsiantar mengamankan situasi.

Api berangsur-angsur mulai padam hingga pagi hari. Dan jenazah korban  Kho Siang Lang pun dievakusi dan dibawa ke ruang Instalasi Jenazah RSUD dr Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Kapolsek Siantar Barat Resor Pematangsiantar, Iptu Esron Siahaan yang dikonfirmasi mengatakan sejauh ini pihaknya belum mengetahui persis apa penyebab kebakaran tersebut  dan masih dalam penyelidikan pihaknya. Namun, dalam peristiwa kebarakan itu seorang ibu meninggal dunia atas nama Kho Siang Lang. Selain memakan korban, ditaksir kerugian seratusan juta rupiah.
Pantauan Medan Pos Online, terlihat hingga pukul 13.50 WIB, petugas pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Pematangsiantar masih melakukan pemadaman api dan bara serta puing-puing bagunan yang masih panas atau menyalak. Dan arus lalu lintas mulai lancar dan sudah bisa di lalui kenderaan yang hendak melintas di jalan Surabaya tersebut. (PS.05)