Tiang  XL Ancam Keselamatan Pengendara

Senin, 6 September 2021 | 12:30 WIB

 

Simalungun,MPOL: Warga masyarakat Desa Silaumalaha ,Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun , Senin (6/9/2021) menyampaikan kekhawatiran mereka kepada wartawan dengan berdirinya tiang telepon XL di badan jalan protokol di desa itu.

Pemasangan tiang XL tersebut menurut warga bermarga Saragih, tidak pernah ada sosialisasi kepada masyarakat,padahal menurut masyarakat dengan berdirinya tiang tersebut mengancam para pengendara mobil dan speda motor.

Saragih menambahkan, disatu sisi pemasangan jaringa XL tersebut memang tuntutan zaman tetapi janganlah menggangu kenyamanan masyarakat yang lalu lalang di jalan protokol desa.

Menjawab pertanyaan, Saragih yang salah seorang tokoh masyarakat didampingi bermarga Samosir mengatakan, sampai tiang XL berdiri sosialisasi dari aparat desa pun tidak ada. Mereka menduga pengusaha sudah ada koordinasi dengan Pangulu (kepdes)  makanya pemasangan tiang berjalan lancar.

Wartawan langsung kelokasi , Senin (6/9/2021) melihat   pemasanga tiang XL berada di bahu badan jalan, bahkan ada juga yang di depan rumah penduduk.

Pangulu Desa Silaumalaha,  Mardianto ,ketika akan dikonfirmasi tidak berhasil. Staf desa mengatakan pangulu sedang keluar.

Pihak XL yang akan di konfirmasi di Pematang Siantar  juga tidak berhasil. Menurut keterangan yang diperoleh dari pekerja di lapangan,  ijin pemasangan tiang ini dari Dinas PUPR Simalungun karena di pasang di bahu jalan dan kepada   kepala desa hanya pemberitahuan.

Masyarakat sangat mengharapkan pihak yang berkompoten untuk mengambil tindakan sesuai dengan prosedur.**