Terkait Pungli di Jembatan Tuntungan, Kades Durin Jangak Minta Ditertibkan

Rabu, 9 Juni 2021 | 20:54 WIB
Pancur Batu, MPOL: Terkait adanya pungli yang dilakukan sejumlah pria di lokasi jembatan Tuntungan, pihak pemerintahan Desa Durin Jangak, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, mengaku menyayangkan tindakan tersebut.  Pemerintahan Desa Durin Jangak juga meminta Pemprovsu segera melakukan perbaikan, sehingga jembatan bisa digunakan seperti semula.
        Kepala Desa (Kades) Durin Jangak Resta Perganin mengatakan, jembatan itu longsor dan miring akibat terkikis pasca meluapnya sungai Belawan beberapa waktu yang lalu. “Pasca jembatan itu terkena musibah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan jajarannya meninjau kondisi kerusakan. Status jembatan itu di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sumut, bukan Pemkab Deli Serdang,” ucap Resta, Rabu (9/6) siang.
        Dia pun tetap kembali menyampaikan laporan kepada Muspika Pancur Batu dan Pemkab Deli Serdang, namun jembatan itu belum juga diperbaiki. “Untuk mengatasi agar masyarakat dapat melintas, saya sudah melakukan penimbunan sebanyak 2 kali,” ujarnya.
          Ia mengaku kesal terhadap Pemerintah Provinsi Sumut karena hingga saat ini tidak ada lanjut untuk memperbaiki jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pancurbatu ke Kutalimbaru. “Saya kesalnya kepada pihak terkait dari provinsi. Kenapa sudah berbulan-bulan lebih tidak diperbaiki. Apa alasan mereka?,” kesal Resta melalui via telepon seluler.
          Disinggung lokasi jembatan dijadikan ajang pungli oleh sekelompok pria yang berpura-pura mengatur lalu-lintas. Ia berkilah pihaknya bersama Polsek dan Koramil Pancurbatu sudah menertibkan kelompok pemuda tersebut, bahkan memasang plank yang bertuliskan tidak pengutipan.
“Sudah kami larang, sampai saya buat plank bertuliskan tidak ada pengutipan. Tapi tetap juga mereka membandel melakukan pengutipan liar,” tegasnya.
        Untuk ke depannya, pihaknya akan melakukan pembinaan. Setelah dilakukan pembinaan dan tetap mereka langgar, pihaknya menyerahkan kepada yang berwajib. “Saya minta pemerintah provinsi segera memperbaiki jembatan merah Tuntungan agar tidak ada lagi pengutipan liar,” pintanya.
        Sementara itu, Kapolsek Pancur Batu Kompol Dedy Dharma, SH membenarkan pihaknya pernah menertibkan pengutipan di lokasi jembatan Tuntungan itu. Namun, ini mulai lagi, untuk itu pihaknya akan segera  melakukan penertiban.
        “Saya juga minta kepada Kades Durin Jangak harus tegas, dan lakukan pembinaan kepada warganya agar tidak melakukan pengutipan kepada pengguna jalan,” pesannya. **