Tekab Polres Sergai Ungkap Curanmor di Gerbang Tol Teluk Mengkudu

Kamis, 21 Mei 2020 | 19:13 WIB

Sergai, MPOL.com: Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Satreskrim Polres Sergai bekerjasama dengan Tim Opsnal Satreskrim Polrestabes Medan berhasil meringkus pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah hukum Polres Sergai, Rabu (20/5/2020) sekira pukul 02.00 Wib.

Adapun tersangka yang diamankan yakni Michael Pasaribu alias Bapak Mita (47) warga Jl. Jamin Ginting Gg. Perdamaian, Kel. Teratai, Kec. Medan Baru. Pada saat melakukan aksinya pelaku berjumlah 6 orang, namun kelima pelaku terdiri ES (35), FY (40), R (40) BG (25) dan RY (21) masih tahap pengejaran dan sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum kepada wartawan menjelaskan, tersangka Michael Pasaribu alias Bapak Mita ditangkap Tekab Sat Reskrim Polres Sergai dibantu Sat Reskrim Polrestabes Medan karena melakukan pencurian sepeda motor Honda Vario warna hitam BK 4091 MBF yang sedang diparkir di areal kantor Gerbang Tol Teluk Mengkudu milik seorang sekuriti di PT. JMKT Tol Teluk Mengkudu, Sumarno (23) warga Dusun I Desa Tanjung Mulia, Kec. Tanjung Morawa, Deli Serdang, yang terjadi, Senin (18/5/2020) sekira pukul 04.30 WIB.

“Michael ditangkap karena mencuri sepeda motor, sedangkan 5 orang temannya yang sudah kita ketahui identitasnya masih diburu dan telah ditetapkan sebagai DPO,” jelas AKBP Robin Simatupang didampingi Kasat Reskrim AKP Pandu Winata kepada wartawan, Rabu(20/5/2020).

Dijelaskan, saat itu korban sedang mengontrol di sekitar gerbang tol dan setelah itu tidak lagi melihat kendaraannya diparkiran. Selanjutnya, korban langsung membuat pengaduan ke Polres Sergai pada hari Selasa (19/5/2020) sekira pukul 14.30 WIB. Saat itu tim melakukan penyelidikan TKP dan melakukan pemeriksaan sehingga petugas mengetahui identitas pelaku dan melakukan pengejaran menuju arah Medan .

“Karena sudah memasuki wilayah hukum Polrestabes Medan, sehingga team meminta bantuan Sat Reskrim Polrestabes Medan untuk melakukan pengejaran terhadap para tersangka. Alhasil, MP alias Bapak Mita berhasil ditangkap di Jl. Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan,” ujarnya.

Hasil interogasi, tersangka MP alias Bapak Mita yang memiliki 5 orang anak mengaku melakukan pencurian bersama lima rekannya yang masing-masing memiliki peran berbeda.

Dalam aksinya pelaku yang berjumlah enam orang ini menggunakan mobil Toyota Avanza hitam. “Bahkan tersangka mengaku sudah dua kali melakukan pencurian sepeda motor, dimana yang pertama di wilayah Medan, dalam hasil penjualan sepeda motor tersangka hanya mendapatkan upah Rp 400 ribu rupiah,” ungkapnya, seraya menambahkan, tersangka dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. *