Setelah Makan Daging Anjing, Puluhan Warga Jorlang Hataran Keracunan

Jumat, 21 Februari 2020 | 23:42 WIB

Simalungun – Sebanyak 25 orang warga Dusun Kandang Lembu Nagori Panombean Huta Urung Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, keracunan makanan setelah mengkonsumsi daging anjing.

Keterangan yang dihimpun di Kepolisian menyebutkan, dari 25 orang tersebut 23 orang dirawat di Puskesmas Tiga Balata, sedangkan 2 orang lainnya dirawat di Klinik Tiga Balata. Disebutkan, peristiwa itu berawal pada Rabu (19/2/2020) warga setempat sepakat untuk membeli satu ekor anjing untuk dipotong dan secara bergotong-royong memasak daging anjing tetsebut .

Setelah dimasak, daging tersebut dibagikan kepada orang-orang yang telah disepakati yang kemudian membawanya pulang ke rumah masing-masing untuk disantap.
Dua hari setelah mengkomsumsi daging anjing tersebut warga yang mendapatkan jatah daging anjing jantan yang dibeli seharga Rp 35 ribu itu pun mulai bersakitan. Akibatnya, puluhan warga pun terpaksa berobat ke Puskesmas setempat.

Mendapat informasi adanya puluhan warga Jorlang Hataran berbondong-bondong ke Puskesmas dan Klinik di Tiga Balata, pada Jumat (21/2) sekira pukul 14.00 WIB Kapolsek AKP Jagani Sijabat bersama anggotanya terjun ke Puskesmas untuk mencek situasi saat itu.

Ternyata ditemukan puluhan warga sakit perut /mencret, mual-mual serta muntah-muntah sedang dirawat pihak medis Puskesmas dan Klinik setempat.

Kapolsek Tiga Balata AKP Jagani Sijabat yang dikonfirmasi melalui handponenya, Jumat (21/2) mengatakan, terkait dengan keracunan makanan daging anjing yang dialami warganya sudah ditangani oleh pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Simalungun.
“Setelah didata dan dicek sebanyak 25 orang yang mengalami sakit diduga usai mengomsumsi daging anjing,” ungkap mantan Kapolsek Bosar Maligas itu. (PS.05)