Setahun Buron, Bolot Tersangka Perampokan Ditangkap Tekab Patumbak

Kamis, 28 Mei 2020 | 17:00 WIB

Patumbak, MPOL.com: Sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh jua. Pepatah itu sangat pas disematkan kepada Mhd. Ali Nasution alias Bolot (25) warga Jl. Pertahanan Patumbak Gg. Bandrek, Desa Patumbak II, Kec. Patumbak. Betapa tidak, hampir setahun terlibat ‘kucing-kucingan’ dengan petugas, pria pengangguran ini akhirnya ditangkap Tekab Patumbak dari kediamannya, Selasa (12/5/2020) lalu.

‬Kapolsek Patumbak, Kompol Arfin Fachreza melalui Kanit Reskrim, Iptu Gindo Manurung, Kamis (28/5/2020) mengatakan, penangkapan terhadap tersangka bermula dari laporan korbannya, Sutarjono (35) warga Jl. Perjuangan, Desa Marindal ll, Kec. Patumbak, dengan No. LP/417/VI /2020/SU/Restabes/Sek Patumbak tanggal 03 Juni 2019.

Dalam laporannya, korban menjelaskan bahwa ianya diajak bertemu oleh tersangka lainnya, Rio (DPO) di kawasan Jl. Pertahanan Patumbak Gg. Bandrek dengan alasan hendak meminjam uang. Namun, tersangka Bolot dan Bagus (DPO) yang sudah sembunyi di semak-semak langsung keluar dan mengancam korban menggunakan senjata tajam jenis pisau.

‪”Jadi para tersangka sudah merencanakan perampokan tersebut. Begitu korban datang, tersangka langsung menempelkan pisau di perut korban dan mengancam akan membunuhnya,” ucap Gindo.

Dijelaskannya, usai berhasil menakuti korban, tersangka pun langsung membawa kabur harta benda milik korban berupa sepeda motor Honda Vario, 1 unit HP dan uang tunai sebanyak Rp. 3,3 juta. Selanjutnya korban membuat laporan ke Polsek Patumbak.

“Setelah kita lidik, kita mendapat informasi tersangka kembali ke rumahnya setelah sebelumnya kabur ke Pekan Baru. Selanjutnya kita lakukan penangkapan bersama barang bukti 1 lembar KTP atas nama Dewi Andini, 1 lembar Kartu Pintar atas nama Dewi Andini, 1 lembar Kartu Keluarga atas nama Agus Irawan, 3 buah kartu ATM, sebilah pisau, 1 buah obeng dan 1 buah gunting yang kita amankan dari kediamannya,” terangnya.

Tak hanya kasus begal, diungkapkan Gindo, jika tersangka Bolot juga terlibat dalam aksi pembobolan rumah milik Syahfitriani (36) di Jl
Pertahanan Patumbak Gg. Besi, Desa Patumbak II, Kec. Patumbak, dan berhasil membawa kabur 2 unit sepeda motor jenis Honda Scoooy dan Honda Beat, Jumat (22/11/2020) lalu.

“Sejauh ini tersangka memiliki 2 Laporan Polisi (LP) di Polsek Patumbak. Kini kita masih mengejar rekan tersangka yang masih buron. Tersangka kita jerat Pasal 365 jo 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. *