Satlantas Punya Alat Ukur Kebisingan Knalpot Blong

Jumat, 7 Agustus 2020 | 19:16 WIB

Medan, MPOL: Sebagai bentuk keseriusan Sat Lantas Polrestabes Medan untuk memberantas penggunaan knalpot blong, Sat Lantas Polrestabes Medan telah memiliki alat pengukur tingkat kebisingan suara (sound noise level)

“Kita tidak main-main menindak para pengguna knalpot bising (blong),” ujar Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sony Wilfrid Siregar saat Ngobrol Asik (Ngobras) dengan Wartawan Unit Polrestabes Medan, di Posko Lantas Lapangan Merdeka Medan, Jumat (7/8/20).

Kata kasat, pengunaan alat itu  kita lakukan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 Pasal 285 tentang kendaraan yang tidak sesuai dengan pabrikan dan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.56 tahun 2019, maka  dilakukan pengecekan knalpot bising (blong).

Sonny merincikan, untuk knalpot standar dalam kondisi stabil level kebisingannya hanya 79-83 desibel (dB). Kalau digas semaksimal mungkin tingkat kebisingannya hanya 105 dB.  Sedangkan untuk knalpot racing (blong), level suara dalam kondisi normal bisa mencapai 106 dB.”Jika digas dengan kekuatan penuh bisa menyentuh ke level 122 dB,” katanya.

Karena itu pada kesempatan tersebut kasat mengajak masyarakat, media dan LSM untuk menyaksikan langsung pengukuran emisi kebisingan knalpot racing.

“Ke depan kami akan terus tertibkan pengguna knalpot blong,”sebut kasat didampingi Wakasat Lantas, Kompol Efendi Sirait dan Ketua Wartawan Unit Polrestabes Medan, Drs Iwan Suherman.(*)