Sat Reskrim Polres Tj Balai Ungkap Kasus Penculikan Anak dibawah Umur, 3 Pelaku Ditangkap

Senin, 8 Februari 2021 | 18:52 WIB

Tanjungbalai, MPOL: Sat Reskrim Polres Tanjungbalai mengungkap kasus penculikan anak dibawah umur dengan meringkus tiga dari lima orang pelaku saat penyergapan di Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira didampingi Kasat Reskrim, AKP Rapi Pinarki dalam temu pers Senin (8/2/21) siang mengatakan ketiga pelaku semuanya laki-laki masing-masing Sairin Indra (42) warga Kampung Tarutung Kecamatan Aek Kanopan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Zul Irwan (49) warga Dusun IX, Desa Sidua-dua Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Surya Darma (33) warga Dusun XII Kec. Gunting Saga Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Korbannya kata Kapolres, berinisial M.AKS (14) seorang pelajar Al-Washliyah warga Kecamatan TB. Selatan Kota, Kabupaten Tanjung Balai.”Tiga pelaku kita tangkap dan dua pelaku lagi kabur melarikan diri,” ujar Putu

Dijelaskan mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini, kejadianya Jumat (5/2/21) siang lalu.

Sekitar pukul 11.30 Wib, kelima pelaku dengan mengendarai mobil Wuling warna Starry Black BK 1277 ACD datang ke rumah korban

Begitu sampai di rumah korban, seorang pelaku bertanya dimama ayah korban. Tapi kala itu, ayah korban lagi di luar, dan yang ada di rumah hanya kakak dan ibu korban bernama Supina.

Kapolres Tj Balai menginterogasi pelaku. (Anafisham)

Karena sudah punya niat jahatnya, para pelaku menyuruh kakak dan ibu korban untuk mencari ayah korban. Disaat keduanya (ibu dan kakak korban) lagi mencari ayah korban, maka seorang pelaku dengan cara paksa menarik siswa kelas VIII ini ke dalam mobil.

Namun dari kejauhan, aksi para pelaku itu dilihat ibu korban (Supina) sehingga Supina mengejarnya sambil berteriak penculik, penculik.

Para pelaku kabur ke arah Simpang Kawat. Warga yang mendengar teriakan Supina berhamburan keluar rumah dan ikut melakukan pengejaran. Saat bersamaaan petugas Sat Reskrim Polres Tanjungbalai yang lagi patroli melintas di lokasi dan bergegas mengejar para pelaku.

Tidak jauh dari lokasi, tepatnya di Simpang Kawat petugas berhasil menghadang laju mobil dan dengan gerak cepat petugas meringkus tiga pelaku dan dua pelaku lagi kabur melarikan diri.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut kata Putu, ketiga pelaku betikut barang bukti berupa mobil Wuling dan STNK atas nama Shakira Andika diboyong ke kantor (Mapolres Tanjungbalai) untuk pemeriksaan.

Menyusul ibu korban, Supina membuat laporan pengaduan ke Polres Tanjungbalai,” Para pelaku masih dalam pemeriksaan dan ketiganya dapat dipersangkakan melanggar Pasal 83 UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak subs Pasal 328 dari KUHPidana,” ungkap AKBP Putu Yudha Prawira.(*)