Rumah Panggung di Sait Nihuta Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

Jumat, 4 Februari 2022 | 17:39 WIB

Samosir, MPOL : Satu unit rumah panggung milik Boho Raja Sinurat di Dusun II Desa Sait Nihuta, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, ludes terbakar, Jumat siang (4/2/2022).

Kondisi siang hari dan bentuk rumah panggung yang dominan terbuat dari kayu membuat api cepat merayap ke seluruh bangunan.

“Sekitar pukul 11.45 sudah terlihat kepulan asap dari bagian dapur rumah, titik awal api diduga berasal dari arus magicom,” kata salah seorang warga di lokasi.

Diduga titik awal arus pendek berada di dapur dan berdekatan dengan tumpukan kayu. Salah seorang warga yang mengetahui kejadian itu memberitahukan ke warga lainnya dan dilanjutkan melaporkan ke pihak pemadam kebakaran (damkar).

Warga mencoba mematikan api dengan cara menyiram rumah dengan menggunakan air secara terus menerus namun upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Sementara, saat peristiwa terjadinya kebakaran yang menghanguskan rumah panggung tersebut, pemilik rumah dan anggota keluarga tidak berada di rumah.

Kasat Reskrim Polres Samosir, AKP Suhartono yang dihubungi medanposonline.com membenarkan adanya satu unit rumah panggung yang terbakar di Sait Nihuta.

Akibat kebakaran ini, sejumlah barang -barang ikut terbakar, diantaranya 1 unit sepeda motor Supra, mesin traiser padi, mesin babat, pompa air, alat musik berupa ogung ,kipas angin padi, 20 karung padi dan uang hasil panen sebanyak Rp. 2 juta.

Suhartono mengatakan, kebakaran disebabkan karena hubungan listrik arus pendek (korsleting) dan tidak sampai menimbulkan korban jiwa. *