Ruko di Jl. HM. Yamin Ludes Terbakar, 1 Orang Tewas Terpanggang

Kamis, 1 April 2021 | 15:18 WIB

Medan, MPOL : Satu unit rumah toko (ruko) yang dijadikan usaha perabot di Jl. HM. Yamin No. 642 Link. XV, Kel. Pahlawan, Kec. Medan Perjuangan, ludes terbakar, Kamis (1/4/2021). Akibat dari kejadian tersebut, satu orang tewas terpanggang.

Seorang saksi mata, Butet Br Rangkuti mengungkapkan bahwa api pertama kali terlihat sekira pukul 10.00 WIB, pada saat itu istri korban Khadijah sedang pergi hendak membeli sarapan. Sementara korban Hasanudin alias Otong (35) sedang terlelap tidur di kamarnya dan ibu korban, Zubaidah Lubis (70) sedang berada di lantai atas.

“Api awalnya tadi muncul dari arah depan ruko, istri korban lagi beli sarapan tadikan, jadi dia (istri) ninggali rumah, terus tiba-tiba waktu pulang udah liat api. Dugaannya korsleting listrik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pada saat api mulai menjalan menjadi besar ibu korban dari lantai atas langsung loncat ke bawah. Namun korban yang tertidur tidak sempat menyelamatkan diri dan akhirnya tewas terpanggang.

“Mamanya tadi lompat dari lantai atas itu ke bawah, terus kami selamatkan. Korban enggak sempat lari karena terkurung di dalam,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Pahlawan Tongku Panusunan Siregar, menyebutkan kejadian bermula sekira pukul 10.00 WIB. Pada saat kejadian, ia mengatakan api bermula berasal dari lantai 1.

“Kami mendapat informasi adanya kebakaran. Belum tahu penyebabnya, tapi api berasal dari lantai 1,” katanya.

Ia menjelaskan, petugas dengan 5 mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Medan tiba ke lokasi. Sekira satu jam kemudian akhirnya api dapat dipadamkan oleh petugas.

Tongku Panusunan Siregar menuturkan, akibat kejadian itu satu orang pemilik ruko tewas.

“Iya ada satu yang meninggal dunia. Namanya Pak Hasan,” katanya.

Kini, jenazah korban sudah di evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk dilakukan otopsi.

Sementara itu, istri korban masih terlihat syok di lokasi kejadian dan ibu korban telah dievakuasi menggunakan mobil ambulance guna mendapatkan perawatan. *