Remaja Pria Temukan Mortir Diperladangan Milik Warga di Desa Rumah Pil-pil

Jumat, 3 September 2021 | 15:13 WIB

Sibolangit, MPOL; Penemuan 1 buah mortir di perladangan milik warga membuat warga sekitar Jalan Jamin Ginting Dusun IV, Desa Rumah Pil-Pil, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, mendadak geger

Barang yang digunakan untuk peralatan tempur ini, pertama kali ditemukan seorang remaja bernama Kevin Bremana (15) yang sedang bekerja di perladangannya.

Data yang diterima dari kepolisian, Jumat (3/9/21) siang mengatakan awalnya Rabu (1/9/21) sekira pukul 14.00 WIB, Kevin yang lagi bekerja di ladang milik orang tuanya melihat benda mencurigakan.

Karena penasaran, saksi memberanikan diri memeriksa benda tersebut.

Ternyata, saksi menyadari kalau benda itu merupakan benda yang bisa diledakkan (mortir). Seketika itu, saksi memindahkan mortir tadi ke bawah pohon Pinus untuk menghindari agar tidak terinjak warga.

Lalu, dia melapor kepada warga lainnya dan diteruskan kepada Polsek Pancur Batu.

Mendapat laporan tersebut, petugas Reskrim Polsek Pancur Batu dipimpin Panit Reskrim  Ipda Junaidi Karo Sekali, sekira pukul 22.00 WIB, turun ke lokasi penemuan.

Setelah itu, petugas memasang garis (Police Line) sembari memberi  himbauan kepada masyarakat agar tidak mendekati lokasi untuk memghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak berapa lama, personil Jihandak dari Brimobdasu turun ke lapangan untuk mengamankan mortir tersebut. Setelah ditangani petugas Jihandak, police line akhirnya dibuka.

Kapolsek Pancur Batu Kompol Dedy Dharma, SH melalui Kanit Reskrim Iptu Pol Amir Sitepu, SH ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya temuan mortir di kawasan Desa Rumah Pil-Pil, Kec. Sibolangit.

“Mortir tersebut sudah ditangani pihak Jihandak untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak,” ujar Iptu Amir.(*)