Polsek Tanah Jawa Ringkus Dua Pelaku Penggelapan Ranmor

Rabu, 21 Oktober 2020 | 16:19 WIB

Simalungun, MPOL: Petugas Unit Reskrim Polsek Tanah Jawa meringkus dua tesangka penggelapan kenderaan bermotor (ranmor).

Tersangkanya M Dairi Lingga alias Muhammad Als Lingga Als Op Joy,  (65)  warga Jl. Mekar Sari Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai Kota, Pekan Baru dan Mak Raja Br Saragih (38) warga Bosar Maligas, (istri kedua Muhammad).

Menurut Kapolsek Tanah Jawa Polrea Simalungun, Kompol Selamat Manalu melalui Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring, Rabu (21/10/2020) mengatakan, penangkapan kedua pelaku  berawal dari laporan korban, Rislianna boru Tarigan dalam kasus penipuan dan kenggelapan yang terjadi di wilayah hukum (wilkum) Polres Labuhan Batu sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/1511/X/2020/SPKT/RESLBH tanggal 12 Oktober 2020.

Disebutkan Kasubbag Humas, berdasarkan laporan pengaduan pada Selasa (20/10/2020) sore sekira pukul 16.00 WIB, petugas mengetahui keberadaan kedua pelaku di wilkum Polsekta Tanah Jawa tepatnya di Dusun Kampung Gereja Desa Afd. XII, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Menerima laporan tersebut, malam harinya sekira pukul 20.00 Wib, operasi yang dipimpin Kanit Reskrim Polsekta Tanah Jawa Iptu J.W Saragih, SH bersama anggota terjun ke lokasi  dan melakukan penyelidikan.

Setibanya di lokasi, petugas Unit Reskrim  megamankan kedua pelaku Muhammad dan isteri keduanya Mak Raja Boru Saragih.

Selain menangkap kedua pelaku, petugas Unit Reskrim menemukan barang bukti berupa satu (1) unit mobil Avanza warna silver nomor polisi diduga palsu yakni BK 1808 RJ yang dibeli pelaku dari Palembang tanpa surat-surat kendaraan.

Setelah dilakukan interogasi, pelaku M Dairi Lingga alias  Muhammad mengaku Toyota Avanza dibelinya tahun 2014 di Pekan Baru seharga 14 Juta dari seorang laki-laki yang tidak dikenalnya dan mobil itu berasal dari Lampung.

Lalu, petugas juga mengamankan,  barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp120 juta, 1 untaian kalung emas, 2 buah cincin emas belah rotan, 1 unit kulkas 2 pintu merk Samsung warna silver, 1 unit spring bed merk komporta, seprangkat perkakas dapur, 1 set lemari TV terbuat dari kayu warna hitam dan 2 unit meja plastik merk twin pan.

Selanjutnya, team Opsnal Unit Reskrim Polsek Tanah Jawa membawa kedua pelaku dan barang bukti ke Mapolsek Tanah Jawa.

Kemudian, Kapolsekta Tanah Jawa Kompol Selamat Manalu menghubungi pihak Satuan Reskrim Polres Labuhan Batu dalam kasus penipuan dan penggelapan yang terjadi di Wilkum Polres Labuhan Batu, yang telah terungkap dan untuk datang menjemput kedua pelaku dan barang bukti.

“Kedua pelaku dan barang bukti  sudah kita amankan dan akan kita serahkan ke Polres Labuhan Batu,” terang Kasubbag Humas.(*)