Polsek Percut Ungkap Kasus Curanmor Modus Kenalan Aplikasi OMI, Dua Pelaku Diringkus

Jumat, 16 September 2022 | 22:25 WIB

Percut, MPOL; Polsek Percut Seituan mengungkap kasus pencurian sepedamotor (curanmor) dengan meringkus dua pelaku.

Namun kali ini, aksi kawanan curanmor ini memakai modus kenalan melalui Aplikasi OMI di Media sosial (Medsos).

Kedua pelaku masing-masing berinisial AS alias Dafa (21) warga Jalan Platina, Kecamatan Medan Marelan, dan MR alias Ajo (22) warga Jalan Pasar 2 Gang Botot, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut.

Sebagai barang bukti polisi menyita berupa 1 Hp milik tersangka AS alias Dafa, 1 Hp pmilik tersangka AR alias Ajo, baju, celana, sepatu, kacamata dan masker yang digunakan tersangka AS teridentifikasi CCTV, dan baju, celana, sepatu milik AR alias Ajo.

Kapolsek Percut Seituan, Kompol M Agustiawan dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (16/09/2022) mengatakan pencurian berawal dari perkenalan antara korban, Vira Yulia Ketaren dengan tersangka AS alias Dafa melalui Medsos OMI pada, 31 Agustus 2022.

“Perkenalan ini berlanjut via aplikasi whatsapp. Kemudian dengan bujuk rayu, tersangka AS alias Dafa mengajak dan meyakinkan korban agar hubungan ini lebih dekat sehingga antara tersangka dan korban hampir setiap hari komunikasi, ” terangnya.

Lalu pada tanggal 12 September 2022 sekira pukul 19.00 WIB, tersangka AS alias Dafa mengajak ketemuan di depan Cemara Asri, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang.

Kemudian tersangka AS alias Dafa menyampaikan kepada temannya yakni AR alias Ajo, An dan Ar datang ke lokasi dan ikut membantu aksi tersangka AS alias Dafa.

“Setelah bertemu, tersangka AS alias Dafa mengajak korban untuk singgah ke Alfamart Jalan Pancing depan GOR. Di situ korban disuruh tersangka AS alias Dafa untuk membeli minuman ke dalam Alfamart. Setelah korban masuk ke dalam Alfamart, tersangka langsung membawa lari sepedamotor korban,” terang kapolsek.

Atas kejadian tersebut, korban membuat pengaduan ke Polsek Percut Seituan. Atas laporan korban, personel Polsek Percut Seituan diback up personel Subdit Jahtanras Polda Sumut melakukan penyelidikan.

Hingga akhirnya, Jumat (16/09/2022) sekira pukul 15.00 WIB, tim gabungan Polsek Percut Seituan dan Subdit III Unit Jahtanras Polda Sumut meringkus kedua tersangka di Pasar II Gang Botot, Kecamatan Medan Marelan.

Dari hasil interogasi, para pelaku merupakan komplotan pencurian dengan modus, memasang foto profil dan nama samaran di Sosmed selanjutnya mengajak para calon korbannya.

Di mana masing – masing para pelaku berupaya mencari calon target sebanyak mungkin dan membujuk rayu para calon korbannya untuk bertemu. Setelah itu, sepeda motor korban dibawa kabur.

Bahkan kata Kapolsek, komplotan ini telah berungkali melakukan aksinya, di mana targetnya hp dan sepedamotor milik korban.(*)