Polsek Patumbak Gelar Ops Yustisi Tingkatkan Disiplin Prokes di Jl. Tritura, Tak Pakai Masker KTP Ditahan!

Senin, 1 Februari 2021 | 15:15 WIB

Medan, MPOL : Polsek Patumbak gencar menggelar Operasi (Ops) Yustisi untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Jl. Tritura, Kel. Harjosari II, Kec. Medan Amplas, Senin (1/2/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

“Ops Yustisi ini dilaksanakan dalam rangka penertiban dan meningkatkan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19,” kata Kapolsek Patumbak, Kompol Arfin Fachreza.

Arfin menjelaskan, dalam Ops Yustisi ini pihaknya memberikan himbauan dan melakukan penindakan bagi masyarakat yang tidak memakai masker ketika berpergian/keluar rumah, petugas memberikan beberapa sanksi dan juga memberikan atau memakaikan masker kepada para pelanggar, dengan harapan kedepan agar masyarakat lebih ingat dan peduli dalam penggunaan masker untuk tetap sehat dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ada beberapa titik lokasi dengan melakukan pengecekkan terhadap pengendara maupun masyarakat yang melintasi di jalanan yang tidak mematuhi prokes. Itu kita tindak dimulai dari teguran, memberikan hukuman push up dan menahan KTP,” jelasnya.

Arfin merinci, pihaknya telah menahan 10 KTP, 30 teguran dan 10 orang diberikan tindakan push up terhadap masyarakat yang tidak memakasi masker. Selain itu, kepada pelanggar disuruh untuk menyayikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.

“Masih kita dapati masyarakat dan pengguna jalan yang melewati seputaran Jl. Tritura tidak memakai masker saat keluar rumah dan saat berkendara. Kurangnya kesadaran masyarakat maupun pendatang yang tidak mematuhi prokes Covid-19,” ucapnya.

Arfin juga berharap kedepan masyarakat lebih peduli untuk bekerjasama memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kecamatan Medan Amplas. Dalam Ops Yustisi ini masyarakat telah memahami dan merespon positif arahan dan tindakan yang dilakukan oleh petugas.

Kegiatan Ops Yustisi digelar 3 pilar yang dipimpin Wakapolsek Patumbak, AKP Neneng Armayanty bersama para personil Bhabinkamtibmas Polsek Patumbak, Bhabinsa 08/MJ dan Sat Pol PP serta staff Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas. *