Polres Langkat Tindak Pengolahan Minyak Ilegal, 3 Orang Diamankan

Senin, 9 Maret 2020 | 14:37 WIB

Langkat – Satuan Reskrim Polres Binjai dipimpin Kasat Reskrim Akp.Teuku Fathir Mustafa SIK, MH, Jumat (6/3/2020) sekitar pukul 10.00 Wib, melakukan penindakan terhadap kegiatan pengolahan minyak mentah tanpa izin di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Pada penindakan itu petugas mengamankan 3 orang yang sedang melakukan kegiatan pengolahan minyak mentah.

Kapolres Langkat, AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui chat dari WA nya, Senin (9/3) mengatakan, kegiatan ilegal itu bisa dikenakan pasal 53 huruf a UU RI Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. Dan setiap orang yang melakukan pengolahan sebagaimana dimaksud dalam pasal 23 tanpa izin usaha pengolahan dipidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan denda paling tinggi Rp 5 milyar.

Petugas melakukan penindakan ilegal pengolahan minyak itu di Dusun Wampu Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Sedangkan pemilik pengolahan minyak bernama Suriani Alias Andong Alang

Dari lokasi tersebut petugas Sat Reskrim Polres Langkat mengamankan barang bukti berupa 1 unit Mesin air, 1 drigen sebanyak 10 liter minyak bensin yang sudah diolah, 1 botol aqua minyak solar yang sudah diolah, Blower 2, kayu untuk masak minyak dan pipa besi untuk masak minyak

Petugas juga memeriksa saksi saksi, memeriksa pemilik usaha dan menyita barang bukti, kata Kasat Reskrim Akp. Teuku Fathir Musatafa.(LB.02)