Polres Belawan Sikat Pungli dan Preman Modus Jukir

Rabu, 25 Januari 2023 | 23:55 WIB

Belawan, MPOL; Sebanyak 111 orang pelaku premanisme dan pelaku pungli (pungutan liar) yang menyaru sebagai juru parkir dari berbagai kecamatan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan diamankan.

Hal itu di ungkapkan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Josua Tampubolon saat memberikan keterangan pers, Rabu (25/1) sore.

Katanya, para pelaku yang diamankan ada beberapa orang yang diantaranya positif sebagai penguna narkoba setelah kita lakukan pemeriksan melalui test urine, dan untuk mereka akan kita lakukan proses lebih lanjut.

“Para pelaku pungli yang diamankan saat beraksi pada sejumlah persimpangan jalan dan kawasan KIM yang masuk wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan dan korbannya adalah para supir, ” ucapnya.

Kata Josua lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan, pada umunya pelaku beraksi sebagai juru parkir tanpa identitas dan pengatur lalu lintas.

“Peran polisi bukan hanya penindakan tapi juga pencerahan agar ada perubahan dan umunya pelaku kejahatan menggunakan narkoba,” ucap mantan Kapolres Samosir.

Untuk mengantisipasi pergerakan pungli dan premanisme, tambah Kapolres, kedepan kita mmpersiapkan tim pemburu preman dengan mengendarai sepeda motor untuk mengejar para pelaku yang lari ke lorong atau gang sempit. (*)