Pesan Narkoba Dari Inggris, Warga Medan Ditangkap BC dan Polisi

Senin, 17 Februari 2020 | 21:53 WIB

Lubuk Pakam – Seorang koki (tukang masak) EO (21) diamankan petugas Bea Cukai (BC)  Kualanamu bekerjasama dengan Kantor Wilayah BC Sumut, Polda Sumut dan kantor Pos SPP Tanjung Morawa, karena kedapatan menerima pengiriman narkotika golongan I jenis ganja seberat 23,1 gram dari Negara Great Britania Inggris.

Kepala Kantor BC Kualanamu Elfi Haris didampingi Kasi Penindakan dan Penyidikan (P2) Jumino, Kasubdit I Polda Sumut AKBP Roni Nikolas Sidabutar, Kepala Kantor Pos SPP Tanjung Morawa dalam siaran persnya, Senin (17/2/2020) mengatakan, berawal dari adanya informasi intelijen dari TIM P2 BCi Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta terkait analisa data terhadap barang kiriman yang berasal dari Negara Great Britania Inggris tujuan Medan Sumatera Utara.

“Selanjutnya barang kiriman tersebut dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan X-Ray. Hasil dari image X-Ray barang itu membuat petugas curiga karena kedapatan tidak sesuai dengan yang diberitahukan dan berdasarkan kecurigaan tim melakukan pemeriksaan fisik dan ditemukan paket berisikan daun hijau setelah dilakukan uji tes di laboratorium ternyata narkoba jenis ganja”, terangnya.

Kemudian lanjut Elfi Haris, petugas BC Kualanamu bekerjasama dengan Polda melakukan control delivery (CD) ke penerima barang yang berada di jalan Sutrisno Medan dan berhasil mengamankan tersangka berinisial EO.

Menurut keterangan Kasubdit I Polda Sumut AKBP Roni Nikolas Sidabutar, kalau ganja tersebut di pesan oleh tersangka EO melalui Online. “Jadi kalau dari pengakuan tersangka ganja yang di pesannya itu untuk bahan masakan, tersangka EO itu mengaku seorang koki”, ujarnya.

Guna penyelidikan lebih lanjut tersangka dan barang bukti diamankan ke Mapolda Sumut.(vo)