Pengembangan Sampai ke Medan, Polres Tanah Karo Bekuk 4 Tersangka Narkoba

Kamis, 4 Maret 2021 | 21:46 WIB

Kabanjahe, MPOL : Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo membekuk 4 tersangka narkoba dari lokasi terpisah. Dalam pengungkapan ini, petugas sampai melakukan pengembangan ke Kota Medan.

Kasat Narkoba Polres Tanah Karo, AKP Henry DB. Tobing melalui KBO Iptu Hendrik Tarigan, Kamis (4/3/2021) mengatakan, pengungkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan ada sebuah rumah kontrakan di Desa Bunuraya, Kec. Tigapanah, Kab. Karo, kerap dijadikan sebagai tempat transaksi sabu, Kamis (25/2/2021) sekira pukul 22.00 WIB.

Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan dan menggerebek rumah tersebut. Alhasil, seorang pria diketahui bernama D. Sinuraya (35) warga Desa Bunuraya Kec. Tigapanah Kab. Karo, diamankan petugas.

Dari hasil penggeledahan terhadap rumah kontrakan yang ditempati tersangka, petugas menemukan barang bukti 8 paket plastik klip berisi sabu dengan berat brutto keseluruhan 1,66 gram yang dibalut potongan tisu warna putih. Barang bukti itu ditemukan petugas dari atas meja di dalam kamar tidur rumah tersebut. Selain itu, petugas juga mengamankan sebuah timbangan elektrik warna silver di bawah meja yang berada di kamar tidur.

“Saat diinterogasi, tersangka mengaku membeli sabu dari seseorang bernama P. Depari melalui A. Sembiring. Selanjutnya, Jumat (26/2/2021) sekira pukul 02.30 WIB, petugas melakukan pengembangan dan melakukan penggrebekan ke rumah tempat tinggal P. Depari dan A. Sembiring di Jl. Maju Raya, Kwala Bekala, Medan,” katanya.

Dari rumah tersangka P. Depari, petugas berhasil mengamankan 2 laki-laki atas nama P. Depari (40) dan Rizki (27), keduanya warga Jl. Pintu Air IV No. 64, Kec. Medan Johor. Saat petugas melakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti 4 paket plastik klip berisi sabu dengan berat brutto keseluruhan 7,75 gram, 1 bal plastik klip kosong, 1 lembar plastik klip kosong, 1 potong pipet plastik terpasang kompeng dan juga kaca pirex serta 1 unit handphone merk Strawberry warna hitam. Seluruh barang bukti itu ditemukan petugas di lantai ruang tamu rumah tempat terjadinya penangkapan.

Tak berhenti sampai disitu, petugas melakukan pengembangan lagi dan menangkap tersangka A. Sembiring (37) warga Jl. Bunga Rampe I, Kec. Medan Johor. Dari tersangka petugas mengamankan barang bukti 3 paket plastik klip berisi sabu dengan berat brutto 1,95 gram dengan perincian 1 paket ditemukan di dalam kantong baju yang tergantung di dalam rumah, sedangkan 2 paket lagi berada di dalam sebuah kotak terbuat dari plastik warna kuning bersamaan dengan 1 unit timbangan elektrik.

Kemudian, 2 potong pipet plastik yang ujungnya runcing sebagai sekop dan 4 lembar plastik klip kosong yang berada di atas rak di ruang tamu rumah yang ditempati tersangka A. Sembiring.

“Guna penyidikan lebih lanjut, para tersangka berikut barang bukti sudah kita amankan di Mako Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo,” tandasnya. *