Pemkab Taput Akan Tindak Tegas Penambang Liar Dilokasi Tambang Batu Harang Pagaran

Jumat, 18 Juni 2021 | 11:36 WIB

 

Taput, MPOL: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan tindak tegas para penambang liar/illegal di lokasi tambang galian C Batu Harang di Dusun Kopi Simeme Desa Sipultak Kecamatan Pagaran.

” Kita akan turun langsung ke lokasi tambang batu harang untuk merazia para penambang liar yang bekerja disana,” ujar Kasatpol PP Rudi Sitorus kepada medanposonline.com, Jumat (18/6).

Kemarin tanggal 14 Juni 2021 anggota saya sudah turun langsung ke lokasi untuk merazia para penambang liar. Pada saat itu juga menyita peralatan tradisional para penambang liar.

” Dalam waktu dekat kita akan turun lagi kesana untuk melakukan razia bersama TNI/Polri,” tegas Rudi Sitorus.

Razia yang kita lakukan untuk mengadukasi masyarakat agar mempunyai legalitas usaha bila ingin bekerja di lokasi tambang Batu Harang.

Pemerintah Kabupaten ingin membantu masyarakat agar mempunyai legalitas usaha. Pemkab Taput akan fasilitasi mereka dengan membantu mengurus ijin.

” Disaat legalitas usaha sudah ada, para penambang liar tidak takut lagi bekerja, otomatis akan menambah penghasilan mereka,” harap Rudi Sitorus.

Kata Rudi, edukasi ini sudah kita sampaikan ketika kita turun ke lokasi tambang saat berdiskusi dengan warga sekitar.

” Diharapkan kesadaran masyarakat agar segera mengurus legalitas usahanya,” pintanya.**