Pembeli dan Penjual Ganja di Siborong-borong Ditangkap

Kamis, 3 Juni 2021 | 20:33 WIB

Taput, MPOL : Sat Narkoba Polres Taput menangkap dua tersangka pembeli dan penjual ganja dari Siborong-borong, Taput, Rabu (2/6/2021).

Tersangka yang ditangkap yakni, Sunggul Siahaan alias Sunggul (46) warga Jl. Sisingamangaraja, Kel. Pasar Siborongborong, Kec. Siborongborong selaku pembeli dan Tambang Rosario Siahaan alias Pak Paul (37) warga Lumban Tanjung Desa Pohan Tonga, Kec. Siborongborong, selaku penjual.

Kedua tersangka ditangkap di dua tempat yang berbeda pada hari yang sama.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing kepada wartawan, Kamis (3/6/2021) mengatakan, tersangka Sunggul Siahaan ditangkap sekira pukul 15.00 Wib dari Loket Bus Prisma Pasar Siborongborong. Saat hendak ditangkap, tersangka sempat membuang barang bukti ganja ke lantai, namun sudah terlihat polisi.

“Setelah diinterogasi tersangka mengakui bahwa ganja tersebut dibelinya dari tersangka Tambang Rosario Siahaan alias Pak Paul,” katanya.

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan dan meringkus tersangka Tambang Rosario Siahaan sekira pukul 19.30 WIB di sebuah kedai tuak Desa Sitabo-tabo, Kec. Siborong-borong.

“Tersangka Tambang Rosario Siahaan mengakui kalau ganja tersebut benar miliknya yang di jual kepada tersangka Sunggul Siahaan. Bukan hanya yang dijual kepada tersangka Sunggul, tapi tersangka Tambang Rosario sudah sempat mengirimkan sebagian ganja tersebut ke Bandung lewat paket mobil Bus ALS dari loket Siborong-borong,” ungkapnya.

Mendengar keterangan tersangka, lalu petugas bergegas mengejar Bus ALS tersebut. Namun, bus tersebut sudah sempat tiba di Sipirok karena waktu pengiriman paket dengan penangkapan tersangka sudah 3,5 jam.

“Akhirnya petugas menghubungi perwakilan Loket Bus ALS Siborong-borong agar menghubungi sopir Bus ALS yang membawa ganja tersebut. Dari pembicaraan perwakilan bus dengan sopir, paket yang dikirim tersangka pun dititip sopir ALS di Loket Sipirok Tapanuli Selatan. Kemudian, petugas menjemput barang bukti tersebut ke Sipirok,” terangnya.

Dari kedua tersangka, petugas mengamankan barang bukti 56,15 gram daung ganja kering, 2 unit Hp dan uang Rp. 50.000.

“Saat ini kedua tersangka telah kita tahan di Polres Taput untuk pengembangan penyidikan serta dipersangkakan melanggar Pasal 111 Sub 114 (1) yo 115 (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara,” pungkasnya. *