Nenek 83 Tahun Tewas Terpanggang dalam Kebakaran Ruko di Jl. Rahmadsyah

Kamis, 15 April 2021 | 12:27 WIB

Medan, MPOL : Seorang nenek berusia 83 tahun tewas terpanggang dalam kebakaran hebat yang melalap 5 unit ruko di Jl. Rahmadsyah Link. XX, Kel. Kota Matsum I, Kec. Medan Area, Rabu (14/4/2021) sekira pukul 19.30 WIB.

Menurut Kepala Lingkungan XX, Kelurahan Kota Matsum I, Efrizal (52) mengatakan, korban merupakan wanita lanjut usia (lansia) diketahui bernama Lao Moi Lie.

“Nama korban jiwa Lao Moi Lie berumur 83 tahun. Korban tewas terpanggang terjebak di lantai 2 ruko yang terbakar,” kata Rizal saat dikonfirmasi, Kamis (15/4/2021) siang.

Ia mengatakan, sekira pukul 08.30 WIB tadi, mayat korban sudah dibawa ke RS Bhayangkara Medan guna keperluan autopsi.

“Petugas damkar masih di lokasi, sikit lagi apinya belum padam,” ucapnya.

“Kalau masalah asal api sampai saat ini belum diketahui, masih dalam penyelidikan kepolisian,” ujarnya.

Pantauan wartawan di lokasi, petugas damkar yang dari semalaman berjibaku memadamkan api dengan merusak jendela atas untuk memastikan api benar-benar padam.

Hingga pukul 12.20 WIB, terlihat juga kepulan asap masih membumbung keluar dari jendela lantai 2 dan 3 ruko yang terbakar. Ratusan masyarakat juga masih menyaksikan ruko terbakar di sekitaran TKP.

Sebelumnya, kebakaran hebat yang melalap 5 unit ruko di Jl. Rahmadsyah Link. XX, Kel. Kota Matsum I, Kec. Medan Area, Rabu (14/4/2021) sekira pukul 19.30 WIB.

Menurut informasi di lapangan, dalam peristiwa ini, salah seorang penghuni rumah disebut-sebut terjebak di lantai ruko berlantai 3 itu untuk menyelamatkan diri dari kepulan asap dan api yang semakin membesar.

Terlihat ratusan masyarakat berkerumun menyaksikan peristiwa kebakaran ini sembari membantu memadamkan api.

Pantauan wartawan di TKP, sedikitnya, 7 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Puluhan petugas tampak berjibaku memadamkan api.

“Ada yang kejebak di dalam, lantai atas. Ada yang nyenter-nyenter di balik kaca ruko atas,” kata salah seorang warga berteriak di lokasi kejadian.

Amatan wartawan, petugas pemadam kebakaran (damkar) masih berjibaku memadamkan api. Tak hanya itu, petugas juga mengerahkan tangga atau snorkle untuk menyelamatkan penghuni rumah yang terjebak sembari memecahkan kaca ruko di lantai 3.

Randa (22) warga yang tinggal di sekitar TKP mengatakan, bahwa 2 dari 5 ruko yang terbakar dijadikan usaha sparepart mobil dan bengkel sepeda motor.

“Yang 2 ruko itu dijadikan usaha sparepart mobil dan bengkel sepeda motor. Infonya ada nenek-nenek orang China berumur 80 an terjebak di atas, ibunya dari Bang Akuang. Masih belum bisa diselamatkan nampaknya ini, masih di atas,” ujarnya.

Asal api sampai saat ini belum dapat dipastikan karena para korban yang rukonya terbakar saat diwawancarai enggan berkomentar. Akibat dari kejadian ini, kerugian belum dapat ditaksir.

Sementara, personil Polsek Medan Area dan Babinsa terlihat di TKP membantu mengamankan lokasi.

Kapolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan karena api saat ini belum bisa dipadamkan. Kalau untuk kerugian ya pastinya ratusan juta, tapi begitupun belum bisa kita taksir. Itu bukan 5, kan 3 yang baru terbakar,” sebutnya. *