Modus Minta Uang SPSI, Tiga Preman Bersajam Diangkut Polisi

Kamis, 4 Maret 2021 | 10:56 WIB

Medan, MPOL: Tiga pria diangkut anggota polisi dari Polsek Medan Area karena memalak dan mengutip uang preman terhadap sopir pick up L300.

Modus pengutipan liar yang dilakukan kawanan preman ini dengan cara mengaku anggota SPSI. Bahkan, seorang tersangka mengancam sopir dan kernetnya pakai senjata tajam (sajam) jenis pisau.

Ketiga tersangka masing-masing Syahrial Tanjung (26) warga Jalan Aksara Gang Mandailing, Kelurahan Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, M Yasir (41) warga Jalan Sepat Kelurahan Pandau Hulu II Kecamatan Medan Area, dan Dian Syahputra (38) warga Jalan Satria, Kelurahan Banten Timur, Kecamatan Medan Perjuangan.

Menurut sumber di Polsek Medan Area, Kamis (4/3/21) mengatakan terungkapan kasus pengutipan liar ini bermula adanya pengaduan masyarakat (dumas) pada Rabu (3/3/21) siang.

Sekitar pukul 14.00 Wib, petugas Unit Reskrim Polsek Medan mendapat laporan dari warga adanya pemalakan yang dilakukan ketiga tersangka dengan mengaku anggota SPSI

Berbekal dari laporan tersebut, petugas Unit Reskrim Polsek Medan turun ke lokasi yang dilaporkan yakni di Jalan Sampali Simpang Jl. Gabus Kelurahan Pandau Hulu.

Tersangka yang membawa pisau.(Ist)

Tanpa menemui kesulitan ketiga preman pemalak ini diamankan tanpa perlawanan. Sebagai barang bukti petugas menyita sepedamotor jenis Mio J BK 3699 JAH dan sebilah pisau.

Aksi yang dilakukan ketiga tersangka bermula ketika tersangka melihat sopir mobil pick up L300 yang mengangkut pipa mau menurunkan barang di lokasi kejadian.

Lalu ketiga tersangka berboncengan dan menemui sopir. Kawanan pemalak ini mengaku anggota SPSI dan meminta uang kutipan bongkar muat secara paksa

Namun sang sopir menolak sehingga ketiga tersangka marah dan terus mengancam keduanya (sopir dan kernetnya). Bahkan seorang tersangka mengancam sopir pakai pisau

Aksi itu dilihat seorang warga dan terus menghubungi Polsek Medan Area. Tidak berapa lama petugas datang dan meringkus ketiga tersangka.

“Untuk pemeriksaan lebih lanjut, ketiga tersangka berikut barang bukti diangkut ke Polsek Medan Area,” ujar Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Ryanto. (*)