Minta Uang SPSI, Anggota OKP Diangkut Tekab Medan Baru

Selasa, 21 September 2021 | 16:01 WIB

Medan, MPOL; Aksi pungutan liar (pungli) dengan modus anggota organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) masing sering terjadi dan kali ini aksinya sempat viral di media sosial (medsos).

Akibatnya, Rudi Hasudungan Napitupulu (32) warga Jalan Serdang No 12 Medan diangkut Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Unit Reskrim Polsek Medan Baru.

Hal tersebut disampaikan Plt Kapolsek Medan Baru melalui Kanit Reskrim Iptu Irwansyah Sitorus, Selasa (21/9/21) Sore.

Dalam keterangannya, Kanit menjelaskan pada Jumat (17/9/21) lalu, korban Yanto Teguh sedang merapikan barang dagangan di depan tokonya di Jalan Kota Baru, Pasar Petisah, Kecamatan Medan Petisah.

Melihat korban sedang merapikan barang, pelaku datang dan meminta uang SPSI dengan paksa.

Namun, Korban tidak memberikan uang sehingga terjadi keributan. Rupaya suasana gaduh itu direkam pelaku dengan video.

Takut terjadi apa-apa, pelaku bergegas meninggalkan lokasi. Keributan ini dilaporkan ke petugas. Dalam hitungan jam, pelaku langsung diamankan tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Ini salah satu contoh, untuk para preman jangan pernah melakukan pungli di wilayah hukum Polsek Medan Baru, karena kita (Petugas) tidak memberi ruang bagi para pelaku kejahatan.Macam-macam kita tindak,” ujar kanit seraya mengajak warga dan pedagang agar jangan takut membuat laporan bila melihat dan menjadi korban tindakan kriminal.(*)