Masih Remaja Merampok, Satunya Ditembak Polisi Sunggal

Selasa, 3 Maret 2020 | 15:22 WIB

Medan – Aksi perampokan dengan modus berpura-pura minta tolong kini terjadi lagi. Kali ini, kawanan perampok menggasak sepeda motor korbannya di Jl. Karya, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang.

Kanit Reksrim Polsek Sunggal, Iptu MS Ginting kepada wartawan, Selasa (3/3/2020) mengatakan, modus yang digunakan pelaku yakni dengan berpura-pura meminta tolong untuk dibonceng karena sepeda motor pelaku bannya kempes.

Perampokan sepeda motor ini dilakukan dua remaja berinisial SDC (19) warga Jl. Kapten Sumarsono Karya 5, Desa Helvetia, Kec. Sunggal, Deli Serdang dan DWH (16) warga Jl. Pembangunan, Kel. Helvetia Timur, Kec. Medan Helvetia.

Adapun yang menjadi korbannya adalah Riski Tarigan (17). Korban yang sudah terperdaya oleh ulah pelaku akhirnya bersedia menolongnya. Setelah terpedaya, kedua pelaku pun berhasil merampas sepeda motor Honda Beat warna hitam merah BK 4736 AIX milik korban.

“Jadi modusnya, sewaktu korban Riski Tarigan pulang sekolah, dia bertemu dengan kedua tersangka. Selanjutnya salah seorang tersangka minta tolong untuk dibonceng karena ban sepeda motornya kempes. Sewaktu berada di Jalan Karya, Sunggal, Deli Serdang, salah seorang tersangka menyuruh korban untuk berhenti dan selanjutnya tersangka langsung merampas dan membawa kabur sepeda motor yang dipakai korban,” katanya.

Akibat peristiwa itu, lanjut dikatakannya, korban pun melaporkan kasus pencurian motor ini ke Polsek Sunggal. Polisi yang menerima laporan langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi kedua pelaku.

Mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Timur ini menjelaskan bahwa setelah melakukan penyelidikan, petugas pada Minggu (1/3/2020) mendapat informasi tentang keberadaan tersangka.

“Tim Tekab Polsek Sunggal mendapat informasi keberadaan kedua tersangka dan membuntuti keduanya. Sesampai di Jalan Danau Singkarak, selanjutnya petugas langsung melakukan penangkapan terhadap kedua remaja itu tanpa perlawanan,” jelasnya.

Selanjutnya petugas melakukan pengembangan dan pencarian barang bukti hingga sampai di sebuah rumah kosong di Desa Mencirim Pondok, Kec. Kutalimbaru.

“Saat pengembangan, tersangka SDC mencoba melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan tersangka di bagian kaki kirinya,” ujarnya.

Katanya, dari keterangan pelaku bahwa tersangka SDC berperan yang minta tolong dan merampas sepeda motor korban.

“Saat ini, Polsek Medan Sunggal masih mendalami kasus pencurian sepeda motor yang dilakukan kedua tersangka dengan modus ban kempes ini,” pungkasnya. (Arya)