Lagi, Sat Lantas Razia Knalpot Blong di Seputaran Lapangan Merdeka, 38 Sepedamotor Terjaring

Minggu, 11 April 2021 | 20:27 WIB

Medan, MPOL: Sebanyak 38 Unit Sepedamotor diamankan karena terjaring razia knalpot blong yang digelar Satlantas Polrestabes Medan di seputaran Lapangan Merdeka di simpang Jalan Stasiun Kereta Api dan Jalan Bukit Barisan, Sabtu (10/4/21) malam hingga Minggu (11/4/21) dinihari.

Hasil razia di dua lokasi, petugas menjaring 38 sepedamotor knalpot blongdan saat ini sepedamotor tersebut diamankan di Pos lantas Lapangan Merdeka Medan.

Kasat Lantas AKBP Sonny W Siregar didampingi Wakasat Lantas Kompol E. Saragih dalam keterangannya Minggu (11/4/21) sore menjelaskan, razia dilaksanakan lantaran masih adanya keluhan warga dan pemakai jalan yang merasa terganggu dengan suara bising knalpot blong kendaraan yang melintas di jalanan Kota Medan.

Selain itu, Polrestabes Medan punya target tidak ada lagi kendaraan yang memakai knalpot blong sehingga suara bising knalpot blong tidak ada lagi terdengar di jalanan.

Dijelaskan Kasat Lantas, saat razia knalpot blong pihaknya menurunkan 17 personel, 2 diantaranya personel Polisi Militer (PM). Usai memberikan arahan kepada personel, razia terus digelar di dua titik.

“Kita pasang plang razia di simpang Jl. Stasiun KA dan Jl. Bukit Barisan. Razia dimulai Sabtu (10/4/21) pukul 21;00 WIB sampai Minggu (11/4/21) dinihari,’ jelasnya.

Hasil razia sedikitnya 38 Sepedamotor yang memakai knalpot blong terjaring razia. Pengendaranya kemudian diberikan tilang dan sepedamotor ditahan.

“Bagi pengendara yang ingin mengambil sepedamotornya diwajibkan membawa knalpot standar dan menukarnya di Pos Lantas Polrestabes Medan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menargetkan tidak ada lagi kendaraan yang memakai knalpot blong di Kota Medan.

Dijelaskan, razia knalpot blong ini setiap malam dilaksanakan Satlantas Polrestabes Mddan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan serta Polisi Militer.

“Razia dilaksanakan berpindah-pindah diantaranya di Jl. Sudirman simpang Jl. Diponegoro dan kawasan seputaran Lapangan Merdeka Medan,” jelasnya.

Kasat Lantas mengimbau kepada pemilik kendaraan agar memakai knalpot standar dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas. “Jangan merubah standarisasi kendaraan dan tetap menghidupkan lampu kendaraan bagi pengendara sepedamotor saat berkendara,” jelasnya.(*)