Lagi, Polres Tanjungbalai Amankan 44 TKI Ilegal

Sabtu, 15 Februari 2020 | 13:44 WIB

Medan (medanposonline)Polres Tanjungbalai kembali mengamankan 44 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal dan anak buah kapal (ABK) yang pulang dari Malaysia melalui jalur darat dan laut.

Informasi didapat para TKI diamankan pada Kamis (13/2/20) kemarin. Sebelumnya petugas Sat Intelkam telah mengamankan sebanyak 20 TKI illegal di Jalan Arteri, Tanjung Balai dan dua diantaranya membawa 2 kg sabu.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan bahwa operasi ini dilakukan tim gabungan Satpol Air dan Sat Narkoba yang berpatroli di Sungai Asahan. Tim mencurigai sebuah kapal tanpa nama, petugas kemudian melakukan pemeriksaan dan membawa sandar kapal tersebut.

“Dari kapal tersebut kita amankan 44 TKI illegal yang terdiri dari 33 pria dan 11 wanita,” kata kapolres dalam keterangannya kepada wartawan melalui aplikasi whatsaap, Jumat (14/2/20).

Putu menjelaskan saat para TKI tersebut diamankan, petugas menanyai nahkoda kapal dan empat ABK yang membawa para TKI illegal tersebut.”Ternyata mereka tidak memiliki dokumen resmi untuk melakukan pelayaran dan membawa penumpang,” terangnya.

Saat ini, kata Putu, para TKI illegal masih dimintai keterangannya.”Setelah kita lakukan pendataan maka mereka akan kita serahkan ke pihak  imigrasi,” ujarnya. (Isu)