Kuras Isi Gudang Spareparts Motor, Trio Maling Diciduk Tekab Polsek Perbaungan

Rabu, 27 Mei 2020 | 21:36 WIB

Sergai, MPOL.com: Kuras isi gudang spareparts sepeda motor Irian di Jl. Serdang, Kel. Simpang Tiga, Kec. Perbaungan, Kab. Sergai, Trio maling berhasil ditangkap Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Perbaungan, Jumat (22/05/2020).

Para tersangka yakni Alan Nuari Pane alias Allan (27) ditangkap di rumahnya di Lingkungan III, Pekan, Desa Bantan, Kec. Perbaungan, Serga. Saat diinterogasi, tersangka Allan mengaku melakukan aksinya bersama Bayu Anugerah Pane alias Bayu (28), Wira Satria Yudha alias wira (36) dan Marwan alias Palbes (29) (DPO).

Kemudian, tersangka Bayu pun ditangkap di rumahnya di Desa Melati II, Kec. Perbaungan, Sergai. Sedangkan tersangka Wira juga berhasil diamankan di rumahnya Dusun II, Desa Kota Galuh, Kec. Perbaungan, Sergai.

Dari hasil penangkapan polisi berhasil menemukan barang bukti berupa 1  buah linggis, 1 buah obeng, 1 buah gunting, 1 senter kepala, 11 set ban luar merk IRC dan merk lain.

Kejadian bermula, Rabu (20/5/2020) sekira pukul 03.30 Wib, Saksi Losante (70) mendengar suara seperti orang sedang melempar ban dari lantai dua ke lantai satu, namun karena takut, saksi hanya mendengarkan saja dan tidak mau melihat keluar rumah.

Selanjutnya, saksi pun menghubungi pemilik toko Irianto Halim (52). Mendapat kabar tersebut, korban bersama anaknya Johanes Halim (23) mengengecek toko spareparts motor miliknya. Setelah dilakukan pengecekan barang-barang spareparts miliknya yang sudah berantakan. Dari hasil pengecekan sebanyak 150 ban luar sepeda motor sudah raib digondol kawanan maling. Korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Perbaungan untuk di proses secara hukum.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum mengatakan, selama dua hari melakukan penyelidikan, petugas berhasil menangkap tersangka Allan dan berhasil menemukan barang bukti 11 ban sepeda motor di dalam rumahnya. Setelah penangkapan Allan, personel Polsek Perbaungan berhasil meringkus 2 tersangka lainnya, yakni Bayu dan Wira di rumahnya masing-masing.

“Tersangka Allan pertama kita tangkap, lalu kita kembangkan kepada 2 tersangka lainnya juga berhasil kita tangkap. Namun 1 orang tersangka lain masih kita tetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO),” terang AKBP Robin.

Para tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Mako Polsek Perbaungan untuk dilakukan proses hukum selanjutnya. Tersangka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 4e, 5e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tandasnya. *