Kapolda dan Waka Polda Sumut Hadiri Peluncuran Aplikasi SINAR Secara Virtual

Selasa, 13 April 2021 | 22:36 WIB

Medan, MPOL: Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi meluncurkan Aplikasi SIM Presisi Nasional (SINAR) secara virtual.

Peluncuran Aplikasi SINAR secara virtual juga berlangsung di halaman Sat Lantas Polrestabes Medan yang langsung dihadiri Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Waka Poldasu, Brigjen Pol Dadang Hartanto.

Juga hadir Dir Lantas Poldasu, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Ketua DPRD Medan, Hasyim SE, Kasat Lantas, AKBP Sony W Siregar, Wakasat Lantas, Kompol E Saragih, dan Kanit Regident, Iptu Andita Sitepu.

Kapolri, Jendral Pol, Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan virtualnya mengatakan, peluncuran aplikasi SINAR ini merupakan bagian dari program 100 hari kinerja Kapolri.

Ini merupakan upaya Polri untuk mengurangi interaksi masyarakat dengan petugas di lapangan agar terhindar dari penyalahgunaan wewenang.

“Peluncuran aplikasi SINAR ini merupakan bagian dari program 100 hari kinerja Kapolri,”jelasnya.

Sementara, Kasat Lantas, AKBP Sony W Siregar mengatakan untuk jajaran Poldasu, baru 6 Satlantas yang siap melaksanakan program SINAR ini.

Ke enam Sat Lantas itu sebut Sony diantaranya Polrestabes Medan,  Deliserdang, Tebingtinggi, Asahan, Simalungun dan Sat Lantas Polres Labuhanbatu,”Sat Lantas lainnya di polres sejajaran Poldasu sedang dalam persiapan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan  pelayanan SIM online melalui aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi). Pemohon yang akan membuat SIM A dan SIM C bisa mengunduh aplikasi digital bernama SINAR (SIM Presisi Nasional) melalui “App Store” atau “Play Store” di telepon seluler.

Melalui aplikasi SINAR, pemohon perpanjangan SIM A dan C tidak perlu lagi harus ke kantor Satpas SIM. Aplikasi ini berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online dan  layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik. Pemohon harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi SINAR.(*)