DJBC Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 2,6 Miliar

Kamis, 3 Desember 2020 | 23:27 WIB

Belawan, MPOL : Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumut, BC Belawan, BC Medan dan BC Kuala Tanjung bersinergi dengan TNI, Polri, Kejaksaan dan Pemda memusnahkan barang impor ilegal dan barang kena cukai ilegal senilai Rp 2,6 miliar di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan, di Jalan Anggada II Belawan, Kamis (3/12/2020).

Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumut, Oza Olavia dalam keterangannya dihadapan Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto dan Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, mengatakan, barang yang dimusnahkan itu merupakan barang milik negara yang telah mendapat persetujuan pemusnahan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, diantaranya barang impor berbentuk ilegal berbentuk pakaian bekas sebanyak 847 bale, obat-obatan, alat kontrasepsi, kosmetik dan pakaian 601 pkgs, pestisida, compessor, sparepart motor, air softgan 246 pcs.

“Sedangkan barang yang kena cukai yang dimusnahkan, diantaranya rokok ilegal sebanyak 2.532.000 batang dan minuman keras ilegal berbagai merek. Sementara potensi kerugian negara karena tidak dipungut bea masuk, cukai dan pajak dalam rangka impor sekitar Rp 2,3 miliar,” ucapnya.

Olavia mengatakan, saat ini DJBC sedang melaksanakan Operasi Gempur untuk menertibkan peredaran barang kena cukai ilegal berupa minuman keras dan hasil tembakau. Sebab, kata Olavia, peredaran barang kena cukai dapat menurunkan penerimaan negara dari sektor cukai dan pabrik rokok mengalami penurunan penjualan dan dapat berakibat terjadinya PHK terhadap karyawan. *