Diversi Penganiayaan Tuntas Digelar di Polsek Simanindo

Jumat, 26 Februari 2021 | 18:04 WIB

Samosir, MPOL : Diversi tindak pidana penganiayaan yang diduga melibatkan WI (16) warga Desa Simanindo Sangkal tuntas digelar Polsek Simanindo, Jumat (26/2/2021).

Pada kesempatan itu, pelaksanaan diversi diperiksa oleh Briptu Kurniawan didampingi Bripka Dian Djuni Arfan serta Bripka A. Sihombing (Kanit Reskrim Polsek Simanindo). Turut hadir penasehat hukum WI, yakni Panal Limbong, H.J Sihaloho dan Bapas Tarutung Susiono.

Kapolsek Simanindo, AKP Tumpal Tobing melalui Kanit Reskrim, Bripka A. Sihombing menyampaikan, bahwa pelaksanaan diversi tersebut dikarenakan WI yang diduga terlibat dalam tindak pidana penganiayaan masih dibawah umur. Dengan harapan masa depan dan pendidikan WI dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur hukum yang berlaku.

“Kami berharap agar orangtua WI dapat mendidik anaknya sehingga terhindar dari tindak pidana kejahatan dan berjanji agar tidak melakukan tindak pidana yang dapat merugikan dirinya sendiri,” ujarnya.

Kuasa hukum WI, Panal Limbong dan H.J Sihaloho kepada medanposonline.com Jumat (26/2/2021) menjelaskan, diversi merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, sebagaimana disebut dalam Pasal 1 angka 7 UU Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Polsek Simanindo, Bapas Tarutung dan pelapor karena pelaksanaan diversi ini dapat berjalan dengan lancar serta pelaksanaan diversi ini menjadi pelajaran bagi WI bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum,” sebut Panal Limbong. *