Ditengah Terik Matahari dan Kepadatan Lalin, Kapolsek Pancur Batu Seberangkan Nenek Tua dan Warga

Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:52 WIB

Pancur Batu, MPOL : Meski hari cukup terik ditambah arus lalu lintas cukup padat memasuki akhir pekan, Kapolsek Pancur Batu Kompol Dedy Dharma turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengaturan lalu lintas di depan Pajak Pancur Batu, Sabtu (19/6/2021) siang. Bahkan, saat melihat seorang nenek yang lagi berjalan, perwira menengah berpangkat bunga melati satu ini pun dengan sigap berlari untuk menyeberangkan si nenek tersebut.

Sikap peduli dan rendah hati dari orang nomor satu di jajaran Polsek Pancur Batu ini pun mendapat apresiasi dari masyarakat. Pasalnya, masyarakat merasa bangga, karena meski Kapolsek Pancur Batu memiliki anggota, tapi masih saja mau ikut turun ke lapangan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.

“Sikap yang diperlihatkan Kapolsek Pancur Batu itu patut kita beri acungan jempol. Dia (Kapolsek) tidak merasa gengsi atau canggung turun ke jalan membantu anggotanya mengatur arus lalu lintas di depan pajak Pancur Batu agar tidak sampai macat total,” ucap Yeyen Sembiring (40) warga Pancur Batu ketika ditemui wartawan.

Masih kata Yeyen, memang tidak dipungkiri kalau setiap hari Sabtu dimana memasuki hari pekan pajak Pancur Batu, situasi arus lalu lintas pasti padat, karena banyaknya warga yang ke luar masuk pajak ditambah lagi volume kendaraan yang hendak berwisata ke kawasan Tanah Karo cukup padat.

Dikatakannya, kalau sosok Kapolsek Pancur Batu ini memang dikenal sebagai pemimpin yang cukup empati dengan masyarakat.

“Jika ada permasalahan di tengah-tengah masyarakat, khususnya kasus perkelahian, Kompol Dedy lebih mengedepankan penyelesaiannya dilakukan secara kekeluargaan. Namun, jika memang tidak ada titik temu, baru dilakukan proses hukum,” terangnya.

Kapolsek Pancur Batu, Kompol Dedy Dharma ketika dikonfirmasi mengatakan, tindakan yang dilakukannya dengan menyeberangkan nenek tua saat mengatur kepadatan lalu lintas karena rasa iba dan kasihan begitu melihat si nenek tersebut terlihat linglung saat hendak menyeberang, terlebih situasi lalu lintas saat itu sangat padat.

“Responsif itu salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat. Sebab, resiko kecelakaan tinggi saat itu, makanya kita harus tanggap dan sigap mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi kepada masyarakat pengguna jalan,” ujar Kompol Dedy Dharma.

Kompol Dedy Dharma bersama Kanit Lantas Iptu Sehat Sinulingga dan sejumlah personilnya juga melakukan pengaturan parkir becak bermotor (Betor) yang ada di depan Pajak Pancur Batu.

“Kalau pada hari biasa lokasi parkir becak bermotor atau kendaraan lain persisnya di depan pajak Pancur Batu bisa difungsikan, namun khusus pada hari Sabtu dan Minggu, lokasi parkir tersebut kita tutup. Untuk itu, kita harapkan agar masyarakat bisa maklum, karena ini kami lakukan demi untuk kepentingan orang banyak,” tandasnya. *