Dicurigai Sebagai Komplotan Curanmor, Dua Warga Siantar Simpan Ganja Diamankan

Kamis, 30 April 2020 | 17:58 WIB

Simalungun, MPOl.com: Dua pria asal Kota Pematangsiantar diamankan Polsek Panei Tongah, Selasa (28/04/2020) sekira pukul, 22.00 WIB. Keduanya yakni Muhammad Cholis (26) warga Jl. Patroli, Kel. Bahkapul, Kec. Siantar Sitalasari, Pematangsiantar dan Ridho Triandi (28) warga Jl. Mesjid, Kel. Timbang Galung Kec. Siantar Utara, Pematangsiantar.

Kapolsek Panei Tongah Resor Simalungun, AKP Juni Hendrianto, Kamis (30/04/2020) mengatakan, diamankannya dua pria tersebut berawal dari salah seorang rekan mereka berinisial AK yang mencuri sepeda motor milik warga di Nagori Bangun Rakyat Tongah, Kec. Panei, Kab. Simalungun, Selasa (28/04) sekira pukul 22.00 WIB.

Malam itu, kedua tersangka bersama AK pergi dengan mengendarai mobil Daihatsu Sigra BN 1621 TC untuk menjumpai temannya bernama Candra di sekitar TKP.  Setibanya di rumah Candra di Nagori Bangun Rakyat Tongah, Panei Tongah, ketiga pria itu pun diajak ke kedai untuk minum tuak yang jaraknya tak jauh dari TKP.

Di warung tuak, Candra bersma dua tersangka Muhammad Cholis dan Ridho minum tuak, sementara temannya AK malah mencuri sepeda motor milik Ganda Purba yang saat itu sedang terpakir di depan rumahnya.

Namun, aksi pencurian itu diketahui warga dan langsung menjumpai serta memberitahu kepada korban Ganda Purba yang saat itu sedang berada di kedai tuak bersama ketiga teman AK, bahwa sepeda motornya telah dicuri.

Kemudian, korban bersama warga menginterogasi kedua tersangka yang saat itu sedang asyik minum tuak. Kemudian warga menuding dan mencurigai bahwa kedua tersangka tersebut sebagai komplotan pencuri sepeda motor yang telah dilakukan AK.

Tak terima atas tuduhan warga,  kedua tersangka pun bersikeras dan tak mengakui bahwa mereka tak tahu menahu dan tak ikut terlibat dalam pencurian sepeda motor yang telah dilakukan AK.

Mendengar jawaban dari kedua tersangka, warga pun menjadi emosi dan kesal dan langsung memukuli kedua pemuda itu hingga babak belur serta melaporkannya kepada polisi.

Kemudian malam itu juga petugas Polsek Panei Tongah tiba di TKP dan langsung mengamankankan keduanya dan memeriksa isi dalam mobil Daihatsu Sigra yang terparkir di sekitar Jalan Umum Nagori Bagun Rakyat Tongah Panei Tongah.

Alhasil, petugas disaksikan Pangulu Nagori Bangun Rakyat Tongah Darmanto Sidabalok menemukan satu bungkus kecil berisi ganja di dalam kotak rokok Ten Mild dari dalam mobil Daihatsu Sigra tersebut.

Untuk pemeriksaan dan penyidikan dan mengindari hal- hal tak  diinginkan, kedua tersangka dalam kondisi wajah dan mulut berdarah serta barang bukti narkoba dan satu unit mobil Daihatsu Sigra warnah hitam milik salah satu pelaku diboyong ke Mapolsek Panei Tongah.

“Kedua tersangka bersama barang bukti sudah kita serahkan ke Sat Narkoba Polres Simalungun,” ujarnya.

“Tersangka Muhammad Cholis dan Ridho Triandi diduga sebagai tersangka kepemilikan narkoba,  bukan sebagai tersangka curanmor, sementata terkait dengan pria berinisial AK diduga sebagai pelaku curanmor yang saat ini sedang dilakukan pencarian,” pungkasnya. *